Selasa, 18 Februari 2020

Selasa, Februari 18, 2020

Kakanwil Kemenkumham Jabar, Liberty Sitinjak berbincang dengan salah satu pemohon paspor di outlet Iron Seni.

LEMAHWUNGKUK (CIREBON BRIBIN) - Kantor Imigrasi Kelas I (Imigrasi) Cirebon membuat terobosan baru yang sangat membanggakan dalam pelayanan permohonan paspor.

Pasalnya, layanan permohonan paspor di Mall yang diberi nama Iron Seni atau Imigrasi Cirebon Melayani menjadi yang pertama di Indonesia.

"Pertama di Indonesia, memberikan layanan permohonan paspor di Mall saat senja atau sore hari," kata Kakanwil Kemenkumham Jabar, Liberty Sitinjak usai meresmikan layanan terbaru Imigrasi Cirebon ini.

Sitinjak menjelaskan, permohonan pembuatan paspor di Mall memang sudah ada di beberapa Kota dan Kabupaten di Jawa Barat, namun semuanya dilakukan pada saat jam kerja.

"Kalau di Cirebon ini, masyarakat bisa mengurus permohonan pembuatan paspor tanpa harus mengganggu jam kerja mereka," jelasnya.

Hadirnya layanan pembuatan paspor di mall menurutnya sejelan dengan reformasi birokrasi.

Bila sebelumnya, Aparatur Sipil Negara (ASN) yang di layani masyarakat, namum sekarang sebaliknya.

Konsepnya adalah kita hadir di sentra-sentra publik, salah satunya mall.

"Untuk bisa mengakomodir orang-orang kebutuhan masyarakat," katanya lagi.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Cirebon, Muhammad Tito Adrianto menambahkan, Iron Seni ini sendiri merupakan layanan dari Imigrasi Cirebon yang berlokasi di Grage City Mall, yang beroperasi setiap hari Rabu, Kamis dan Jumat mulai pukul 16.30 hingga jam tutup operasional Mall.

Setiap harinya, Imigrasi Cirebon menyediakan kuota sebanyak 30 permohon dengan ketentuan melakukan pendaftaran online terlebih dahulu dan membawa persyaratan yang telah di tentukan.

"Untuk paspornya nanti di ambil tiga hari setelah mengajukan permohonan dan setelah membayar administrasi," tambahnya.(CB-003)