AKMI Suaka Bahari Cirebon Buka Seleksi Penerimaan Calon Taruna/Taruni - CIREBON BRIBIN

Post Top Ad

Your Ad Spot

HEADLINE

Rabu, 12 Februari 2020

AKMI Suaka Bahari Cirebon Buka Seleksi Penerimaan Calon Taruna/Taruni


Pendaftaran di kampus AKMI Suaka Bahari Cirebon

TALUN (CIREBON BRIBIN) - Akademi Maritim Suaka Bahari Cirebon membuka seleksi penerimaan calon Taruna/Taruni (Sipencatar) Angkatan XXXIV Tahun Akademik 2020-2022.

Sipencatar AKMI Suaka Bahari Cirebon ini telah dibuka sejak 1 November 2020 hingga september 2020 mendatang.

Kordinator Promosi Penerimaan Calon Taruna/Taruni AKMI Suaka Bahari Cirebon, Dedi Suhaerudin mengatakan, melalui Sipencatar ini pihaknya memberikan kesempatan kepada putra-putri di seluruh wilayah tiga Cirebon khususnya dan seluruh Indonesia pada umumnya untuk bergabung dan mengejar impian berkarir di industri kemaritiman baik di dalam maupun luar negeri.

"Melalui pendidikan di AKMI Suaka Bahari Cirebon, salah satu Akademi di bidang Pelayaran Niaga terkemuka yang ada di Jawa Barat," katanya kepada Cirebon Bribin, Rabu (12/2).

Dedi menjelaskan, dalam Sipencatar ini ada tiga program studi atau jurusan yang dapat dipilih oleh calon Taruna/Taruni AKMI Suaka Bahari Cirebon.

Pertama Nauctical Studies atau jurusan Nauktika Pelayaran Niaga, pada jurusan ini calon Taruna/Taruni akan memiliki potensi berkarir diatas Kapal hingga menjadi Nahkoda, selain mendapat Ijazah D-III dari Kemendikbud Dikti, lulusan juga akan mendapat sertifikat kompetensi Ahli Nauktika tingkat III (ANT-III) dari Dirjen Perhubungan Laut yang berstandar Internasional.

Wisuda Taruna/Taruni AKMI Suaka Bahari Cirebon pada Desember 2019

Kedua, Marine Engineering atau jurusan Teknikan Pelayaran Niaga, potensi lulusan pada jurusan ini adalah berkarir diatas kapal sebagai Kepala kamar mesin, Ijazah yang didapat yakni D-III dari Kemendikbud Dikti juga ditambah sertifikat kompetensi sebagai Ahli Teknika tingkat III (ATT-III) dari Dirjen Perhubungan Laut yang berstandar Internasional.

Sementara yang ketiga, yakni Port and Shipping Management atau jurusan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan, lulusan dipersiapkan menjadi Manager perusahaan pelayaran dengen Ijazah D-III dari Kemendikbud Dikti dan diberkali sertifikat kompetensi profesi dari BNSP.

"Sebenarnya tidak hanya berfokus pada bidang kemaritiman, output atau lulusan AKMI Suaka Bahari juga bisa berkarir di militer atau menjadi pengusaha," jelasnya.

Terkait lulusan, Dedi menuturkan AKMI Suaka Bahari Cirebon yang berdiri sejak tahun 1987 ini telah melahirkan ribuan orang lulusan, yang mana hampir seluruhnya terserap di dunia kerja baik di instansi pemerintahan maupun swasta, dalam dan luar negeri.

Telah banyaknya lulusan tersebut menurut Dedi menunjukan salah satu bukti kualitas AKMI Suaka Bahari Cirebon, sebagai salah satu Akademi di bidang Pelayaran Niaga yang banyak diminati bukan oleh calon Taruna/Taruni dari Wilayah 3 Cirebon namun juga dari seluruh Indonesia.

"Tentunya ditunjang dengan beragam fasilitas laboratorium milik sendiri yang lengkap, metode pengajaran, jalinan kerjasama dengan berbagai pihak dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan ketekunan para Taruna/Taruni dalam menuntut ilmu membuat lulusan kami banyak diminati berbagai pihak," ujarnya.

Dedi menambahkan, untuk melakukan pendaftaran Sipencatar ini dapat dilakukan dengan dua cara, yakni darang langsung ke kampus AKMI Suaka Bahari Cirebon ataupun melalui cara online.

"Tentunya dengan membawa atau melengkapi persyaratan yang telah ditentukan," tambahnya.(CB-003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot