Selasa, Januari 14, 2020
Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH., saat meninjau korban banjir di Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Selasa (14/1).

HARJAMUKTI (CIREBON BRIBIN) - Pemerintah daerah (Pemda) Kota Cirebon hadir membantu korban banjir, bantuan seperti makanan untuk warga korban banjir juga telah disalurkan.

Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH., saat meninjau korban banjir di Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, mengatakan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon hadir membantu masyarakat yang menjadi korban banjir.

"Sejak semalam dinas terkait sudah diinstruksikan untuk melakukan berbagai upaya untuk membantu masyarakat yang diterjang bencana banjir, bantuan juga sudah kami salurkan untuk warga yang menjadi korban banjir,” kata Azis, Selasa (14/1).

Dijelaskan Azis, sekitar 10 hari yang lalu mereka bersama-sama dengan forum koordinasi pimpinan daerah (Forkompimda) dan masyarakat sebenarnya sudah melakukan antisipasi terjadinya bencana banjir di Kelurahan Kalijaga.

“Kami sudah melakukan upaya bersih-bersih sungai,” ungkap Azis.

Tidak hanya itu, pengerukan sungai juga telah dilakukan. Khusus yang menjadi tanggung jawab Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung juga telah dikoordinasikan agar sungai-sungai tersebut segera dikeruk.
Ditambahkan Azis, yang terpenting saat ini yaitu memberikan pertolongan kepada korban-korban banjir.

“Apalagi mereka tidak bisa mencari nafkah karena menjadi korban banjir,” ungkap Azis. Pada kesempatan itu, Azis juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada. Terutama karena saat ini intensitas hujan sudah semakin tinggi di wilayah Kota Cirebon.

Sementara itu, dapur umum juga telah dibuat untuk membantu korban banjir. Dapur umum dibuat di Kantor Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon. Kepala DSPPPA Kota Cirebon, Iing Daiman S.IP. M.Si., menjelaskan jika sejak pagi tadi bantuan berupa makanan sudah mereka salurkan ke korban-korban banjir.

“Bantuan makanan kami salurkan sehari tiga kali,” ungkap Iing.

Berdasarkan informasi dari KPBD Kota Cirebon, banjir yang terjadi semalam disebabkan curah hujan yang tinggi selama 3 jam pada Senin, 13 Januari 2020. Sehingga pemukiman warga di RT 07 di RW 02, RW 03, RT 08 di RW 03 Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon terendam air. Air menggenangi sekitar 164 rumah warga dengan ketinggian sekitar 1,5 meter. Air mulai masuk ke pemukiman warga sekitar pukul 20.00 WIB dan surut sekitar pukul 23.30 WIB. Hingga kini, petugas terkait masih siaga di lokasi terjadinya banjir.(CB-003)

0 comments:

Posting Komentar