Jumat, Desember 06, 2019
Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati mengikuti kegiatan bersih-bersih dalam rangka penanggulangan banjir bersama Komunitas Lingkungan Paguyuban di RW 07 Warnasari, Kesambi, Kota Cirebon


KESAMBI (CIREBON BRIBIN) - Gerakan kebersihan harus dilakukan sedini mungkin menjelang musim penghujan, Pemerintah Daerah Kota Cirebon akan mendukung kegiatan dan gerakan kebersihan lingkungan di seluruh wilayah untuk mendukung kota bersih, tertib dan hijau.


Demikian diungkapkan Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati saat menghadiri kegiatan bersih-bersih dalam rangka penanggulangan banjir bersama Komunitas Lingkungan Paguyuban Campur Sari di RW 06 Asrama TNI AD, RW 07 Warnasari dan di sepanjang Jalan Satria Kelurahan Kesamb, Kecamatan Kesambi, Jumat, 6 Desember 2019.

“Alhadmulillah secara umum masyarakat Kota Cirebon menyadari arti penting kebersihan bagi lingkungan. Gerakan kebersihan kali ini juga banyak melibatkan warga dan komunitas selain tentunya Dinas terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pekerjaan Umum (PU),” ungkap Eti.

Eti menambahkan pihaknya berharap gerakan kesadaran ini akan mengedukasi warga lain yang belum tergerak hatinya untuk tetap menjaga kebersihan. Pihaknya juga menyambut positif yang telah mengubah gaya penanganan dari Tempat Pembuangan Sampah (TPS) biasa ke TPS mobile.

“TPS mobile akan menjadi solusi saat ini tentunya dengan pelibatan masyarakat,” ujar Eti.

Usai pelaksanaan kebersihan bersama sekitar 500 warga RW 07 Warnasari Kesambi mendapat dua ember sampah organik dan non organik. Ember tersebut diharapkan menjadi pemilah sampah sehingga sudah terbagi dua sejak masih di tingkat lingkungan rumah. Dengan pemilihan sampah akan mempermudah penanganan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Ketua Paguyuban Campur Sari, Hj. Imas Maskanah mengatakan keberadaan lembaga yang dipimpinnya untuk menumbuhkan rasa cinta kebersihan di lingkungan masyarakat. Kebersihan menjadi bagian penting yang harus ad di lingkungan apalagi menjelang musim penghujan.

“Selain menjaga kesehatan kebersihan juga mencegah bahaya banjir. Kami menyadari hal ini sehingga terlibat aktif dalam gerakan kebersihan sesuai visi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon,” kata Imas.

Pihaknya, lanjut Imas terus melakukan edukasi ke masyarakat untuk membantu pemerintah menjaga kebersihan. Paguyuban Campur Sari menyadari peran masyarakat sangat penting untuk menjaga lingkungan menjadi bersih dan sehat.

“Jika mengandalkan Dinas terkait tentunya sangat terbatas sehingga membutuhkan peran masyarakat,” tandas Imas.(CB-003)

0 comments:

Posting Komentar