Jumat, Desember 13, 2019
Wajah baru, ASTRA Infra tol Cipali siap memberikan pelayanan terbaik untuk pengguna jalan.

SUBANG (CIREBON BRIBIN) – Menghadapi libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2019 PT Lintas Marga Sedaya selaku pengelola Ruas Tol Cikopo-Palimanan yang kini memilki brand name ASTRA Infra Toll Road Cikopo-Palimanan (ASTRA Infra tol Cipali) siap memberikan pelayanan terbaik untuk pengguna jalan.

Baik peningkatan pelayanan operasional, infrastruktur maupun pendukung transaksi, maupun kondisi jalan hingga pelayanan keamanan 24 jam.

“Kondisi jalur dan marka jalan Ruas Tol Cikopo-Palimanan semuanya dalam kondisi baik. Dapat kami pastikan semua jalur tetap bisa dilalui dengan lancar, aman dan nyaman,” ujar Agung Prasetyo Direktur Operasi PT Lintas Marga Sedaya.

Agung menuturkan, jika pada libur Natal 2019 dan tahun baru 2020 (Nataru) ini arus lalu 
lintas diprediksi mengalami peningkatan, namun tidak begitu signifikan jika dibandingkan lonjakan kendaraan pada libur Lebaran.

Adapun lalu lintas harian rata-rata di Tol Cikopo - Palimanan Merak pada libur kali ini diprediksi mencapai 85 ribuan kendaraan per hari atau naik 9.6% dibanding libur Natal dan Tahun Baru pada tahun sebelumnya.

"Puncak arus lalu lintas libur Natal akan terjadi pada 21 Desember 2019. Sedangkan puncak arus balik diprediksi pada tanggal 1 Januari 2019," tuturnya
Pengecekan kendaraan patroli guna memastikan kesiapan menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru

Kelancaran saat liburan ini juga di dukung Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan yang mengeluarkan peraturan Direktur Jendral Perhubungan Darat Tentang Pengaturan Lalu Lintas dan Pembatasan Pengoperasian Mobil Barang pada Masa Angkutan Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020.

Pembatasan operasional bagi kendaraan barang ini berlaku pada periode Natal 2019, mulai tanggal 20-21 Desember 2019, dilanjutkan pada tanggal 25 Desember 2019
serta periode Libur Tahun Baru 2020, mulai 31 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

ASTRA Infra tol Cipali sendiri, tetap mengantisipasi jika terjadi lonjakan kendaraan dengan menyiapkan manajemen lalu lintas.

“Manajemen lalu lintas tersebut bersifat situasional, karena lonjakan arus kendaraan pada libur panjang kali ini diprediksi tidak terlalu signifikan," lanjut Agung.


Tahun ini ASTRA Infra Tol Cipali yang merupakan salah satu bagian dari ASTRA Infra turut mendukung dalam mengkampanyekan liburan Nataru yang SANTUI, suatu pengalaman liburan berkendara dengan selamat, aman, nyaman, tertib, update dan informatif.

Di aspek keselamatan, berbagai fasilitas pendukung jalan tol seperti guardrail, wire rope, rumble dot, rumble strip, rambu dan marka jalan telah terpasang dengan baik.

"Pada aspek keamanan berkendara, kesiapan petugas layanan dengan 10 unit mobil patroli, 12 unit mobil derek, 2 unit Rescue, 5 unit ambulance dan 9 unit PJR yang didukung monitoring berbasis kamera surveillance dan CCTV di berbagai sudut jalan tol," kata Agung lagi.

Agung menambahkan, guna memastikan kenyamanan berkendara, telah disiapkan kondisi jalan yang bebas hambatan, tersedianya tempat istirahat di Tipe A ada di KM 102 dan KM 166 di lajur ke arah Cirebon, serta KM 101 dan KM 165 ke arah Jakarta. Untuk Tipe B ada di KM86 dan KM130 baik itu di lajur ke arah Cirebon maupun Jakarta.

Rest area tipe A dan B dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti toilet ramah difabel. masjid, pompa bensin, pengisian ulang saldo uang elektronik, atau berbagai tawaran kuliner yang bersih dan sehat.

"Koordinasi dengan kepolisian dan instansi terkait lainnya juga telah dilakukan untuk 
memastikan ketertiban dan kelancaran berlalu-lintas, termasuk berbagai rekayasa lalu lintas disiapkan guna mengantisipasi kondisi khusus di lapangan," tambahnya.

Terakhir, upaya optimalisasi gardu transaksi melalui penambahan 12 gardu menjadi 22 gardu beroperasi optimal di GT Palimanan dan penambahan 15 Mobile Reader di GT Palimanan dan masing-masing 1 mobile reader di gerbang sayap (Kalijati, Subang, Cikedung, Kertajati dan Sumberjaya) untuk meningkatkan kelancaran layanan transaksi di setiap gerbang.

Serta petugas sentra komunikasi akan siaga 
dan informatif melayani pengguna jalan tol selama 24jam.

"Diharapkan dengan kesiapan ASTRA Infra Tol Cikopo-Palimanan menghadapi libur panjang ini dapat memberikan kelancaran, keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan," tutupnya.(CB-003)

0 comments:

Posting Komentar