Senin, Desember 02, 2019
Senior Executive Vice President (SEVP) Distribution and Sales Mandiri Syariah Anton Sukarna dan Ketua Umum DPP AMPHURI H Joko Asmoro, SE. MM lakukan penandatanganan kerjasama pada acara sosialisasi program Safe Haji Umrah di ajang Car Free Day, Jakarta (1/12). Foto : Dok. Mandiri Syariah

JAKARTA (CIREBON BRIBIN) - PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) menandatangani memorandum of understanding (MoU)  dengan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI).

MoU ini meliputi penggunaan layanan Jasa dan Produk Perbankan berdasarkan prinsip syariah bagi 428 travel anggota AMPHURI.

Penandatanganan dilakukan Senior Executive Vice President (SEVP) Distribution and Sales Mandiri Syariah Anton Sukarna dan Ketua Umum DPP AMPHURI H Joko Asmoro, SE. MM pada acara sosialisasi program Safe Haji Umrah di ajang Car Free Day, Jakarta, 1 Desember 2019.

Program Safe Haji Umrah adalah ajang edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang cara menunaikan ibadah haji dan umrah secara aman dan nyaman. 

Program ini diselenggarakan secara serentak di Jakarta, Bandung, Medan, Palembang, Semarang, Surabaya dan Makassar. 

Safe Haji Umrah menggabungkan sosialisasi dua program besar Kementerian Agama yakni Siskopatuh (Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus) dan Kementerian Luar Negeri yaitu aplikasi Safe Travel.

Program Siskopatuh Kementrian Agama merupakan salah satu upaya Kemenag untuk meminimalisir penipuan umrah. Setiap data jamaah umrah yang akan diberangkatkan wajib diinput oleh travel ke Siskopatuh & pembayarannya wajib melalui rekening travel di bank syariah yang sudah terhubung dengan Kemenag, sehingga Kemenag dapat mengetahui jumlah jamaah yang telah membayar dari setiap travelnya. 

Sejak diberlakukan per 1 Agustus 2019 lalu, sudah sekitar 260 ribu jamaah umrah yang telah diinput di Siskopatuh. Sekitar 210 ribu atau 82% terdaftar melalui Mandiri Syariah. Dari sekitar 1.016 travel haji umrah di Indonesia, hampir seluruhnya telah menjadi nasabah Mandiri Syariah & 848 travel melakukan pembayaran umrah Siskopatuh jamaah di Mandiri Syariah.

Bagi nasabah Tabungan Mandiri Syariah, pembayaran umrah ke rekening Siskopatuh Travel dapat dengan mudah dibayarkan melalui Mandiri Syariah Mobile.

"Sebagai bank syariah modern dan terbesar di Indonesia, Mandiri Syariah ingin membuka akses semudah mungkin bagi masyarakat yang ingin mewujudkan impian berhaji umroh," kata Anton.

Dikenal sebagai bank Total Solution Haji dan Umrah, Mandiri Syariah menyediakan berbagai kemudahan terkait kebutuhan haji umroh baik jamaah maupun travel. Antara lain pembukaan rekening haji umroh online, pembiayaan umrah, Transfer Riyal Sameday, Bank Garansi Haji Umrah dan Kerjasama Travel Rekanan, dll.

Per Oktober 2019 Dana Pihak Ketiga (DPK) dari Travel Haji dan Umrah mencapai Rp1,23 triliun tumbuh 155% dari periode yang sama tahun lalu yang sebesar Rp749 miliar.

"Semoga kerjasama ini mempermudah masyarakat dalam beribadah haji umroh dengan aman dan nyaman," tutup Anton.(RLS/CB-003)

0 comments:

Posting Komentar