Jumat, Oktober 18, 2019


Workshop Dewan Pers di Cirebon dengan tema Peliputan Pasca Pemilihan Legislatif dan Presiden 2019


KEDAWUNG (CIREBON BRIBIN) - Puluhan Jurnalis Ciayumajakuning ikuti workshop yang digelar Dewan Pers dengan tema Peliputan Pasca Pemilihan Legislatif dan Presiden 2019, untuk Wartawan Media Cetak, Elektronik dan Siber, yang dilaksanakan pada hari ini, Jumat 18 Oktober 2019 di Hotel Aston Cirebon.


Dalam kesempatan ini, Dewan Pers menghadirkan 3 orang narasumber yakni Ahmad Djauhar  selaku Ketua Komisi Penelitian, Pendataan & Ratifikasi Dewan Pers, Agung Dharmajaya selaku ketua Komisi Hukum Dewan Pers dan terakhir Agus Sudibyo selaku Ketua Komisi Antar Lembaga & Luar Negeri Dewan Pers.


Ahmad Djauhar menerangkan workshop ini digelar dalam rangka meningkatkan kualitas peliputan media cetak dan media elektronik pasca pemilu 2019. 


Pemilu Legislatif serta Pemilu Presiden & Wakil Presiden tahun 2019 telah dilaksanakan 
pada 17 April 2019. Hasil pemilu yang telah ditetapkan KPU, merupakan kemenangan bagi 
segenap rakyat Indonesia.


"Hasil inilah yang perlu ditindaklanjuti melalui dukungan setiap elemen bangsa sesuai dengan proporsi dan kewenangnnya masing-masing," katanya dalam pembukaan.

Foto bersama usai kegiatan Workshop Dewan Pers di Cirebon


Dalam menjalankan peran edukasi sekaligus kontrol sosial melalui penyajian informasi 
yang aktual dan proporsional, pers diharapkan mampu mengajak masyarakat untuk berperan 
serta mengawal janji-janji politik pasca pemilu.


Pemberitaan pasca pemilu oleh pers menurutnya akan sangat membantu dalam melihat parameter tingkat kesuksesan pelaksanaan pemilu, meski demikian, cara pers dalam menjalankan tugas dan perannya harus senantiasa berpegang teguh pada prinsip-prinsip Kode Etik Jurnalistik.


"Sehingga hasil kerja pers menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam upaya mendorong kehidupan berdemokrasi yang lebih baik dan membawa kemakmuran dan kesejahteraan bagi seluruh bagian Bangsa Indonesia," tambahnya.(CB-003)

0 comments:

Posting Komentar