Kamis, September 19, 2019


Pameran Seni Nusantara Cirebon di Keraton Kacirebonan 18-22 September 2019


PEKALIPAN (CIREBON BRIBIN) - Setelah menggelar pameran di Jakarta, Jelajah Seni Rupa Nusantara kini hadir di Cirebon yang menjadi kota kedua dalam rangkaian kegiatannya untuk mengeksplorasi dan mengenalkan seni dan budaya seluruh daerah di Indonesia.


Demikian di ungkapkan Ketua Panitia Kegiatan, Hilman Syafriadi di lokasi pameran, Ruang Jinem Prabayaksa Keraton Kacirebonan, Kamis (19/9/2019).


"Pameran bertajuk Seni Nusantara Cirebon Ajaib & Gaib itu merupakan rangkaian dari gelaran Jelajah Seni Rupa Nusantara," ungkapnya.


Dia mengatakan, karya - karya seni yang dipamerkan dalam pameran seni rupa ini di buat oleh para seniman yang merupakan mantan mahasiswa bimbingan Prof Dr Setiawan Sabana MFA.


Melihat mainan anak yang terinspirasi dari Paksinagaliman

"Inspirasinya dari seni budaya yang ada di Cirebon," kata Hilman.

Dijelaskan Hilaman, sebelum menggelar pameran ini, seluruh seniman terlebih dahulu mengunjungi sejumlah wilayah di Cirebon.


Seperti Gegesik, Sitiwinangun dan juga Trusmi dan wilayah lainnya.


"Selain itu, ada juga karya seni yang merupakan hasil kolaborasi dengan seniman lokal Cirebon," jelasnya.


Dalam pameran yang berlangsung hingga 28 September 2019 itu Hilman mengatakan beberapa karya yang di pamerkan diantaranya lukisan kaca, topeng, batik, hingga lainnya.


"ada juga patung hewan, hingga mainan anak yang terinspirasi dari Paksinagaliman," katanya lagi.


Terakhir Hilman juga menyampaikan, selain pameran, kegiatan pameran yang terbuka untuk umum itupun bakal di isi dengan berbagai workshop kesenian.


"Gratis, masyarakat silahkan datang mulai jam 10 pagi hingga jam 6 sore," tutupnya.(CB-003)

0 comments:

Posting Komentar