Jaga Neraca Perdagangan dengan Perkuat UKM Nasional - CIREBON BRIBIN

Post Top Ad

Your Ad Spot

HEADLINE

Sabtu, 31 Agustus 2019

Jaga Neraca Perdagangan dengan Perkuat UKM Nasional


Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Enggartiasto Lukita


KESAMBI (CIREBON BRIBIN) – Langkah penting yang harus dilakukan pemerintah dalam menjaga neraca perdagangan antara lain adalah dengan memperkuat usaha kecil menengah (UKM).


Hal tersebut dengan menjamin kemudahan berusaha, ketersediaan bahan baku, keseimbangan harga, dan kemitraan antara pelaku UKM dengan pelaku usaha besar. Hal ini disampaikan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat membuka Festival Cirebon 2019 di Stadion Madya Bima, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (30/8).



“Dengan diselenggarakannya Festival Cirebon ini, diharapkan akan tercipta peluang yang lebih besar untuk perkembangan dan kemajuan pelaku UKM, ekonomi kreatif, bisnis ritel, dan bisnis restoran di seluruh Indonesia, dengan begitu, konsumsi domestik pun akan meningkat,” jelas Mendag.



Mendag menambahkan, di era digital ini terjadi pergeseran dari perdagangan luring ke daring. “Hal ini dapat dimanfaatkan UKM Cirebon untuk memperluas pangsa pasar dalam negeri tanpa batas sehingga dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” ujarnya.



Kemendag sendiri telah menginisiasi Rancangan Peraturan Pemerintah Transaksi Melalui Sistem Elektronik (RPPTMSE) untuk memberikan perlindungan dan kepastian dalam bertransaksi secara elektronik bagi semua pihak.



Selain itu, lanjut Mendag, pemanfaatan teknologi tepat guna juga merupakan salah satu kunci utama untuk dapat berkompetisi dengan daerah/negara lain. Mendag mengimbau para pelaku usaha untuk mengembangkan kreativitas dan mengikuti perubahan ini.



Sektor perdagangan merupakan salah satu sektor andalan bagi perekonomian Kota Cirebon. Majunya sektor ini dikarenakan letak geografis Kota Cirebon yang strategis dan juga merupakan hasil kerja keras pemerintah daerah.



Festival Cirebon 2019 merupakan rangkaian kegiatan peringatan hari jadi Cirebon yang ke-650. Kegiatan ini akan berlangsung pada 30 Agustus—22 September 2019 dengan menghadirkan beberapa atraksi dan wahana yang menarik di antaranya, Snowland yang merupakan wahana salju terbesar yang pernah ada di Kota Cirebon dan juga bioskop 8 dimensi. Selain itu, acara ini juga menghadirkan pameran multi produk terlengkap, pesta kuliner, dan berbagai pertunjukan seni budaya Cirebon.(CB-003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot