Sabtu, Maret 16, 2019
Pembukaan IDSECCONF 2019 di Kota Cirebon


KESAMBI (Cirebon Bribin)—Sedikitnya 150 praktisi, akademisi dan pakar Information Technolgy (IT) berkumpul di Kota Cirebon Jawa Barat guna mengikuti acara Indonesia IT Security Conference (IDSECCONF) 2019 di Kampus STMIK CIC Kota Cirebon, yang dibuka pada Sabtu (16/03/2019).

Pada acara IDSECCONF para pelajar, mahasiswa, maupun kalangan IT Security professional khususnya diberikan pencerahan mengenai berbagai isu-isu keamanan teknologi informasi terbaru.
Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Cirebon, Iing Daiman, SIP, MSi mengutarakan kebanggaanya bisa menerima kehadiran para praktisi, akademisi dan ahli IT dalam acara IDSECCONF 2019.

“Harapannya tentu Kota Cirebon menjadi bagian peningkatan perkembangan teknologi termasuk kesiapan dalam penanganan keamanan data,” katanya.

Iing menambahkan dalam upaya mewujudkan kabupaten dan kota yang cerdas menerapkan sistem informasi atau aplikasi. Dengan penerapan aplikasi berbasis online memang dapat mempermudah untuk berkomunikasi dan layanan yang baik.

“Tetapi terkadang kita tidak sadar bahwa dengan penerapan aplikasi berbasis online memunculkan persoalan baru yaitu persoalan keamanan informasi atau data itu sendiri. Untuk itu saya berharap melalui kegiatan ini dapat membuka wawasan kita semua, keamanan informasi wajib menjadi pilar yang sangat penting dalam pembangunan smart city,” ujar Iing.

Salah satu Anggota Komite IDSECCONF, Abeng mengatakan Kota Cirebon mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah dalam seleksi yang ketat. Pihaknya banyak melihat perkembangan Kota Cirebon yang terus bergeliat termasuk mengembangkan IT melalui program smart city.

“Kami akhirnya berkumpul bersama akademisi dan praktisi mengadakan riset dan bertukar pengalaman terkait perkembangan IT khususnya keamanan data informasi,” ujar Abeng.

Sementara Ketua STMIK CIC Kota Cirebon, DR Chandra Lukita,SE.,MM mengatakan pihaknya merasa gembira dengan perkembangan Kota Cirebon yang terus meningkatkan kemampuan dunia IT dalam program smart city. Smart City telah mengubah Kota Cirebon menjadi kota yang maju dan tidak gagap teknologi.

“Tentu dengan perkembangan ini juga kita tidak gagap dengan keamanan data. Dengan keamanan program yang dilaksanakan berjalan sukses,” tandasnya. (rls/CB-001).

0 comments:

Posting Komentar