Taman Batu Hanjuang, Tawarkan Indahnya Wisata Alam Kekinian Untuk Semua Kalangan - CIREBON BRIBIN

Post Top Ad

Your Ad Spot

HEADLINE

Senin, 04 Februari 2019

Taman Batu Hanjuang, Tawarkan Indahnya Wisata Alam Kekinian Untuk Semua Kalangan

Setelah menempuh sekitar 30 menit perjalanan menggunaan kendaraan roda dua dari Kota Cirebon, tim Cirebon Bribin akhirnya tiba di Taman Batu Hanjuang, sebuah destinasi wisata di Kabupaten Kuningan, tepatnya berada di Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus. Lokasinya terbilang sangat mudah dijangkau, dengan akses jalan yang cukup baik dan medannya pun tak terlalu curam. 

Beberapa saat menjelang tiba di lokasi wisata ini, hamparan hijaunya hutan pinus dan kebun kopi akan nampak menghiasi perjalanan dan memberikan suasana asri yang menenangkan. Sebuah loket kecil sederhana akan menyambut di pintu masuk Taman Batu Hanjuang. Sebelum memasuki lokasi wisata, pengunjung harus melakukan registrasi disini dengan biaya hanya RP 10 ribu untuk kendaraan roda dua berpenumpang dua orang, atau Rp 30 ribu untuk kendaraan roda empat berapa pun jumlah penumpangnya. Sementara itu, bila datang bersama rombongan. Pengunjung akan di kenakan biaya Rp 5 ribu per orang. Tergolong sangat murah bila dibandingkan dengan lokasi wisata lainnya di Kabupaten Kuningan.

Usai melalui loket tanda masuk kawasan, jalanan beraspal menanjak akan mengantarkan pengujung memasuki bagian dalam Taman Batu Hanjuang yang dikelilingi pemandangan hamparan tebing batu eksotis berpadu dengan warna-warninya dekorasi yang terlihat begitu instargamable.

“Pemandangan yang apik ini, menjadi daya tarik tersendiri yang mengundang banyak wisatawan untuk datang,” jelas Rusman (48) pemilik sekaligus pengelola Taman Batu Hanjuang.

Dari penuturan Rusman, diketahuilah bahwa pada mulanya Taman Batu Hanjuang bukanlah tempat wisata. Melainkan sebuah lokasi penambangan batu yang beroperasi hingga tahun 2016. Karena itulah lokasi wisata ini di kelilingi tebing batu, namun justru pemandangan itu semakin membuat menarik objek wisata ini.

“Sejak tahun 2016, dilokasi ini mulai saya tanami dengan bunga-bunga. Dari situ orang mulai berdatangan dan pelan-pelan mulai dibangunlah hingga menjadi seperti ini. Kurang lebih di pertengahan tahun 2018 objek wisata Taman Batu Hanjuang mulai dibuka,” jelas Rusman.

Taman Batu Hanjuang selain menawarkan pemandangan alam yang eksotis, juga memiliki beragam fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Diantaranya adalah kolam renang, kolam terapi ikan, gazebo untuk bersantai, kantin, lahan parkir, serta Mushola dan toilet. Untuk menikmati seluruh fasilitas didalamnya ini, pengunjung tidak perlu lagi mengeluarkan biaya alias gratis. Bahkan untuk menikmati segarnya air di kolam renang. Tak mengherankan mengapa begitu banyak wisatawan tertarik datang.

“Tujuan saya membuat objek wisata ini adalah agar bisa membuat semua orang bisa menikmatinya, karena itu tidak dibebankan biaya yang mahal. Bahkan, bila memang tidak mampu membayar. Pengunjung akan digratiskan untuk masuk ke Taman Batu Hanjuang ini,” ungkap Rusman.

Bila tertarik untuk berkunjung ke Taman Batu Hanjuang, dari Kota Cirebon bisa melalui jalan utama Cirebon-Kuningan lalu berbelok di Caracas menuju jalur alternatif ke arah Gedung Perundingan Linggarjati. Lokasinya terletak tak jauh dari kawasan Bumi Perkemahan Cibereum dan berada di sisi kanan jalan. Objek wisata ini mulai buka sejak pukul 7 pagi hingga pukul 6 sore setiap harinya.(CB-003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot