Selasa, 12 Februari 2019

Selasa, Februari 12, 2019

 Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Cirebon gelar sosialisasi kepabeanan tentang layanan ekspor melalui pusat logistik berikat  (PLB) yang bertempat di aula kantor Bea dan Cukai Cirebon, Jl. dr. Wahidin Sudiro Husodo No. 43, Cirebon, Selasa (12/2/2019).

Sosialisasi ini digelar dengan mengundang stakeholder yang berada di wilayah Cirebon, Indramayu, Kuningan dan Majalengka (Ciayumajakuning).

Kasubsi layanan penyuluhan dan informasi KPP Bea Cukai Cirebon, Novemberiyanto Nugoroho kepada Cirebon bribin mengatakan ini adalah upaya kepada stakeholder dalam mensosialisasikan akan adanya rencana PLB di Cirebon.

"Saat ini PLB yang sudah eksis hanya ada disekitar kawasan Cikarang, Bekasi, Bandung. Untuk Ciayumajakuning belum ada," kata Novemberiyanto.

Namun, lanjutnya. Ada kabar baik bagi eksportir Cirebon mengingat ada investor, yang rencananya tahun ini akan membuat PLB di Cirebon.

"Ini akan memeberi kemudahan kepada eksportir cirebon dan sekitarnya," tuturnya.

Menurut November, kelebihan dari PLB yang dapat dirasakan oleg eksportir banyak sekali. Salah satunya adalah menekan biaya trucking.

Dari informasi yang disampaikan pelaku eksportir, lanjut Novemberiyanto lagi. Saat ini biaya yang dibutuhkan untuk trucking bisa mencapai Rp. 7,5 juta.

"Kalo di sini (Cirebon) sudah ada PLB, bisa menghemat sampai Rp 5 jutaan," katanya.

Keuntungan lainnya adalah, PLB mempercepat proses kegiatan eskpor. Dimana saat barang milik eksportir tiba di PLB, ini sudah berarti sudah terhitung ekspor. Dengan begitu, proses pembayaran dari pembeli atau buyer juga akan lebih cepat diterima eksportir.(CB-003)

0 komentar:

Posting Komentar