Kementrian Lingkungan Hidup & Kehutanan Gelar Peringatan Hari Peduli Sampah di Cirebon - CIREBON BRIBIN

Post Top Ad

Your Ad Spot

HEADLINE

Jumat, 15 Februari 2019

Kementrian Lingkungan Hidup & Kehutanan Gelar Peringatan Hari Peduli Sampah di Cirebon

 Kementrian Lingkungan Hidup & Kehutanan Republik gelar peringatan hari peduli sampah nasional tahun 2019 di Pantai kawasan Pelabuhan Kota Cirebon, Jumat (15/2/2019).

Dalam peringatan hari peduli sampah tahun ini di Cirebon. Dilakukan kegiatan "Coastal Cleanup" membersihkan pantai, dari sampah dengan di ikuti sekitar 1000 peserta dari berbagai kalangan.

"Ya, bulan Februari itu kan kita memperingati hari peduli sampah secara Nasional yang dimulai dari tahun 2005 di Leuwigajah di Jawa Barat," kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nubaya Bakar kepada Cirebon Bribin.

Melihat perkembangan permasalahan sampah sampai dengan sekarang, lanjut Siti. Masalah sampah khususnya sampah di laut dan plastik itu akhirnya menjadi masalah internasional dan dalam kaitan itu mata internasional juga tertuju kepada Indonesia.

Oleh karena, itu saya kira seluruh jajaran pimpinan di pusat bapak Presiden Wapres para Menko juga sudah konsen tentang ini. Dan saya juga bersyukur sejak 2015 sampai dengan 2018 kemarin saya mengikuti bahwa dinamika publiknya komunitasnya juga aktivitasnya luar biasa.

"Oleh karena itu sekarang yang dibutuhkan adalah bagaimana fase fasilitasi negara, pemerintah, BUMN, swasta dan lain-lain bertemu dengan masyarakat. Kalau itu terjadi, maka mudah-mudahan dalam waktu yang tidak lama sampah sampah plastik di Indonesia bisa kita atasi persoalannya," jelasnya.

Dipilihnya Cirebon, Siti mengatakan dirinya sependapat dengan pernyataan yang dikatakan Gubernur Jawa Barat bahwa Cirebon adalah bagian penting dari Indonesia, Cirebon akan menjadi kota wisata dan sudah terlihat bukti-bukti keberadaannya. Cirebon akan menjadi wilayah wisata yang sangat lengkap, dari 76 makanan khas kota cirebon saya yakin semuanya pasti enak. Belum lagi ditunjang dengan kebudayaannya seperti tari-tarinya sangat karismatik, gagah perkasa, berwibawa, cerdas, ritmenya, dinamikanya sangat dinamis itu juga menjadi bagian penting sebagai wisata budaya.

"Saya kira Cirebon menjadi masa depan Jawa Barat dan masa depan Indonesia," tambahnya.

Terakhir, Siti mengajak semua untuk bersama sama melakukan, menjaga kebersihan pantai laut.

"ini bukan yang pertama dan terakhir kita akan melakukan kebersihan pantai di seluruh Indonesia,"pungkasnya.(CB-003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot