Di Cirebon, Ada Wiski Yang Dijamin Tidak Bikin Orang Mabuk - CIREBON BRIBIN

Post Top Ad

Your Ad Spot

HEADLINE

Selasa, 23 Oktober 2018

Di Cirebon, Ada Wiski Yang Dijamin Tidak Bikin Orang Mabuk


Bila mendengar kata wiski, otomatis kita akan langsung membayangkan minuman beralkohol yang dapat memabukan. Namun, di Cirebon ternyata ada wiski yang tidak akan bikin orang mabuk. Tapi justru bisa menjadi "obat" penghilang kantuk. Wiskie Santri namanya.

Wiskie Santri ini sejatinya adalah minuman olahan kopi yang dikemas dalam botol gepeng, yang menyerupai botol kemasan wiski.

"Minuman ini bukanlah jenis minuman beralkohol. Wiskie Santri ialah minuman kopi yang diseduh menggunakan metode cold brew atau seduh dingin," kata Abdurrokhim, pemilik Saung Perjuangan, Senin (22/10).

Minuman ini diberi nama Wiskie Santri. Karena memanfaatkan momen Hari Santri Nasional yang diperingati setiap 22 Oktober. Abdurrokhim yang akrab di sapa Kim, mengatakan bahwa dia melihat momentum hari santri bisa di manfaatkan untuk lebih mengembangkan bisnisnya.

"Budaya ngopi juga sebenarnya sudah ada di pesantren itu sejak dulu, saya tahu karena sempat masuk pesantren juga. Nah, memanfaatkan momentum hari santri ini akhirnya saya terpikir ide untuk meluncurkan minuman ini" tuturnya.

Lebih lanjut Kim mengatakan, Wiskie Santri diambil dari bahasa Cirebon yang berarti "wiskinya santri." Pemberian nama ini sekaligus juga merupakan ajakan kepada para generasi muda khususnya para santri untuk tidak meminum alkohol.

"Jadi wiski bagi para santri, ya, kopi ini, karena alkohol itu, kan, diharamkan," ujar Abdurrokhim.

Untuk membuat Wiskie Santri, Kim mengatakan dirinya menggunakan biji kopi pilihan dengan jenis arabika yang berasal dari Cibunar, Kuningan. 

Untuk proses pembuatannya, biji kopi yang telah digiling diseduh menggunakan air dingin. Selanjutnya difermentasikan kira-kira selama 18 jam, kemudian disaring dan dikemas dalam botol berbentuk gepeng.

"Ada dua varian Wiskie Santri, yakni original dan cappucino. Harganya sama, Rp 25 ribu per botol," kata Abdurrokhim.

Wiskie Santri original terasa lebih asam khas kopi yang diseduh dengan metode cold brew. Namun, karakter asamnya terasa lebih segar. Bagi para pecinta kopi disarankan untuk mencobanya.

"Sementara varian Wiskie Santri cappucino terasa lebih soft dan sangat cocok dinikmati bagi Anda yang menyukai sajian kopi yang dicampur susu," tambahnya.

Terkahir, Kim mengatakan bagi masyarakat yang ingin mencicipi Wiskie Santri, bisa datang langsung ke kedai Saung Perjuangan di Jalan Perjuangan, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon. Kedai yang berada persis di depan UIN Syekh Nurjati Cirebon itu buka dari pukul 11.00 -02.00.(CB-003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot