Senin, 10 September 2018

Senin, September 10, 2018

Melihat antusiasme masyarakat terhadap gelaran festival “Ngopi Bareng KAI” di awal 2018 lalu yang begitu tinggi, PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali menggelar acara serupa dengan tagline “Ngopi Bareng KAI #2 - Enjoy Your Journey With Indonesian Coffee”. Kegiatan yang dilakukan dalam rangkaian memperingati HUT ke-73 KA ini dihelat selama dua hari yaitu Senin-Selasa, 10-11 September 2018 dan dibuka oleh Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro, di Loko Cafe (area Stasiun Yogyakarta).

Untuk menyelenggarakan acara tersebut, KAI bekerja sama dengan Komunitas Kopi Nusantara. Ngopi Bareng KAI ini merupakan wujud dukungan KAI untuk memperkenalkan kopi lokal Indonesia dan diharapkan dapat memberikan edukasi serta wawasan seputar kopi di Nusantara sehingga mampu meningkatkan daya saing kopi asli Indonesia di masyarakat luas.

Dalam menyuguhkan kopi gratis di stasiun dan kereta api, KAI merangkul 200 barista lokal profesional (dari Cirebon 10 Barista) yang akan meramu dan menyuguhkan kopi gratis kepada para pecinta kopi di stasiun dan di kereta api jarak jauh dan menengah. Masyarakat dan pengguna jasa KA yang ingin mendapatkan kopi gratis ini cukup menunjukkan aplikasi KAI Access yang sudah terinstal dan terdaftar di ponselnya kepada petugas "Ngopi bareng" di stasiun dan di kereta api.

Di Cirebon, Ngopi Bareng KAI ini dilaksanakan di halaman Stasiun Kejaksan Cirebon dan dibuka langsung oleh VP Daop 3, Ida Hidayati.

"Dalam acara ini, masyarakat dan pengguna jasa KA dapat menikmati kopi gratis yang KAI siapkan sebanyak total 50.000 cup di 15 stasiun di 12 kota dan di 36 nama KA," katanya, Senin (10/9).

Khusus untuk di Daop 3 Cirebon, katanya lagi. Tersedia sebanyak 2.500 cup kopi yang akan dibagikan selama 2 hari.

"Selain di Stasiun, dibagikan juga di dalam KA Cirebon Ekspres, Argo Jati dan Ranggajati dengan masing-masing KA 100 cup," tuturnya.

Ida juga menambahkan, banyaknya jumlah kopi yang KAI sajikan untuk masyarakat mendapatkan apresiasi dari Museum Rekor Indonesia dengan predikat sebagai "Pemrakarsa dan Penyelenggaraan Pembagian Kopi Terbanyak di Kereta Api dan Stasiun. Dan penyerahaan piagam penghargaan kepada KAI, dilakukan di kawasan Pintu Selatan Stasiun Tugu Yogyakarta dalam rangkaian acara pembukaan disana.(CB-003)