Selasa, Agustus 14, 2018


Pj Wali Kota Cirebon, Dr. H. Dedi Taufik, M.Si. Membuka kegiatan bersih-bersih kota yang dilakukan serentak pada hari ini di hampir seluruh sudut Kota Cirebon, Selasa (14/8).

Mengambil tema “Bebersih Jeh.. Aja Klalen Yo”, kegiatan bersih-bersih kota yang juga bagian dari program smart city “kudu eling” (kolaborasi penduduk dalam pengelolaan lingkungan).

“Kudu eling. Kita harus melakukan gerakan kebersihan kota,” ungkap Dedi.

Kegiatan bersih-bersih kota ini, lanjut Dedi juga sebagai hadiah dari warga pada Kota Cirebon menjelang Hari Ulang Tahun ke-73 Kemerdekaan RI tahun ini. Terlebih sebentar lagi akan dilaksanakan Asian Games, 18 Agustus hingga 2 September. Sekalipun venue cabang olahraga (cabor) canoe slalom dilakukan di Bendung Rentang, Kabupaten Majalengka, namun para atlet dan official menginap di dua hotel di Cirebon. Kondisi ini bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan wisata dan budaya Cirebon sehingga di lain waktu mereka bisa tertarik untuk kembali dan melakukan wisata di Kota Cirebon.

Sejumlah warga hingga Aparatur Sipil Negara (ASN) dan veteran terlihat membersihkan ruas Jalan Siliwangi, salah satu ruas jalan protokol di Kota Cirebon. Dipimpin langsung oleh Pj Wali Kota Cirebon, Dr. H. Dedi Taufik, M.Si, mereka bersemangat membersihkan rumput, menyapu trotoar dan jalan hingga menyiram trotoar menggunakan air agar tidak hanya terlihat bersih tapi juga mengkilap.

Trotoar dibersihkan dan disikat, sehingga jalur pedestrian (pejalan kaki) terlihat bersih dan mengkilat. Tujuan kegiatan ini menurut Dedi tidak lain agar warga merasa memiliki kota dimana mereka tinggal, hidup dan mencari nafkah.

“Kedepannya diharapkan kegiatan ini bisa terus dilakukan. Diantaranya bisa melalui Jumat bersih (Jumsih),” ungkap Dedi.
“kegiatan ini baik sekali ya,” ungkap seorang veteran, Emi Rahmawan.

Menurut Emi, kegiatan ini bisa menanamkan rasa memiliki terhadap kota yang dicintai. Sekaligus hadiah bagi kemerdekaan RI yang telah dicapai dengan penuh perjuangan.(CB-003)

0 comments:

Posting Komentar