REKTOR: IAI Bunga Bangsa Cirebon Menuju Kampus Digital

tampilan depan situs e-campus IAI Bunga Bangsa Cirebon

CIREBON—Rektor Institut Agama Islam (IAI) Bunga Bangsa Cirebon, H. Oman Faturrohman MA, menyatakan saat ini pihaknya terus melakukan digitalisasi pelayanan kepada mahasiswa yang dimulai dari penerapan sistem e-campus.
Sekedar informasi, sistem e-campus aplikasi lengkap (enterprise) berbasis web yang membantu pengelolaan atau pengadministrasian kegiatan akademik di suatu lembaga pendidikan tinggi, mulai dari pengelolaan data, penjadwalan dan pelaporan.
“Meski dengan segala keterbatasan, IAI Bunga Bangsa Cirebon telah menerapkan e-campus dan itu sifatnya wajib bagi seluruh dosen dan mahasiswa,” katanya, Jumat (26/07/2018).
Oman mengungkapkan dengan menerapkan sistem e-campus, dosen bisa melihat jadwal perkuliahan dan menyetorkan nilai ujian secara online, begitu juga dengan mahasiswa bisa melihat daftar mata kuliah, jadwal ujian dan nilai mata kuliah secara online dengan cara log-in ke akun yang telah diberikan untuk masing-masing mahasiswa dan dosen.
“Pendaftaran sidang skripsi [munaqosah] dan pendaftaran mahasiswa baru di IAI Bunga Bangsa Cirebon juga dilakukan secara online,” ujarnya.
Digitalisasi sisitem kampus kata Oman juga dilakukan dalam proses pembayaran biaya kuliah yang sebelumnya dilakukan manual di bagian keuangan kini secara bertahap mulai memakai virtual account sehingga pelaporan pembayaran lebih akurat dan cepat.
“IAI Bunga Bangsa Cirebon bekerja sama dengan BNI Syariah dalam proses pembayaran kuliah mahasiswa,” tuturnya.
Oman menambahkan tujuan akhir dari penerapan sistem digital di IAI Bunga Bangsa Cirebon yaitu hasil akreditasi kampus, selain itu bisa mempermudah pengelola kampus, dosen dan mahasiswa dalam melakukan kegiatan pelayanan dan proses kuliah.
“Progres digitalisasi ini memang progresnya tidak terlalu cepat, karena IAI BBC merupakan kampus swasta dengan keterbatasan dana,” tambahnya. (CB-001).

Share on Google Plus

About Admin

Cirebon Bribin hadirkan informasi seputar cirebon yang lebih informatif, edukatif dan menghibur.

0 komentar:

Posting Komentar

CIREBONBRIBIN.COM