Rabu, Juli 11, 2018


Guna memudahkan pencari kerja untuk mengakses info lowongan kerja. Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon Jawa Barat melalui Dinas Tenaga Kerja meluncurkan aplikasi Cirebon Lunga, di Kantor Disnaker Kota Cirebon, Rabu (11/7).

Aplikasi Cirebon Lunga secara arti dalam Bahasa Cirebon artinya pergi (Lunga) akan tetapi dalam aplikasi ini memiliki kepanjangan Luru Lowongan Kerja (mencari lowongan kerja/Lunga) yang menghubungkan pencari kerja dengan perusahaan penyedia kerja.

Informasi ketersediaan lowongan pekerjaan di aplikasi Cirebon Lunga ini, akan bisa diakses oleh seluruh masyarakat baik warga Kota Cirebon maupun warga dari daerah lain.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya mengatakan. Yang cukup membantu dalam aplikasi ini, adalah bisa melakukan proses melamar kerja secara online.

"Bukan hanya informasi lowongan, tapi juga bisa melamar pekerjaan. Namun hanya dapat dilakukan oleh pengguna yang ber-KTP Kota Cirebon saja," jelasnya.

Saat ini, Agus mengatakan baru ada 7 perusahaan yang ikut menandatangani perjanjian kerjasama (MoU) dari 62 perusahaan yang sudah ditawarkan akan tetapi masih terkendala persyaratan.

" Perusahaan diwajibkan melengkapi sejumlah syarat terlebih dulu sebelum melakukan kerjasama dengan Pemda sesuai aturan yang berlaku misalnya surat kuasa dari perusahaan pusat dan struktur personalia perusahaan," ungkapnya.

MoU yang dilakukan Disnaker Kota Cirebon dan dunia usaha, adalah soal database. Perusahaan yang telah bekerjasama nantinya menyampaikan berbagai macam data yang diperlukan seperti komposisi personalia, data pekerja, struktur pengupahan, pemberian asuransinya dan lain-lain.

“Adapun pencari kerja warga Kota Cirebon yang telah masuk ke aplikasi mencapai 17.000, lengkap dengan nama, alamat dan kualifikasi masing-masing,” tambahnya.(CB-003)

0 comments:

Posting Komentar