Keren, Bikin KTP Hingga KIA Di Kota Cirebon Cuma Sehari Loh!


Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon miliki sistem one day service untuk pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi warga Kota Cirebon.

Bahkan bukan hanya untuk KTP saja, sistem one day service ini juga ternyata berlaku untuk Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Induk Anak (KIA).

Pernyataan ini seperti yang dikatakan oleh Kepala Disdukcapil Kota Cirebon, Sanusi,S.Sos. Menurutnya, penerapan sistem one day service ini telah dilakukan sejak bulan April.

“Sudah sejak April kemarin. Jadi dengan sistem ini, begitu hari ini mendaftar, besok sudah bisa didapatkan,” ungkap Sanusi, Senin (2/7).

One day service ini, dapat dinikmati khusus bagi warga Kota Cirebon yang melakukan perekaman dan pendaftaran di kantor Disdukcapil Kota Cirebon.

Ditambahkan oleh Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Cirebon, Eli Haryati, guna memastikan sistem ini dapat berjalan dengan baik. Pihaknya juga memberlakukan kuota untuk pendaftaran di Kantor Disdukcapil. Waktu pendaftarannya pun dibadi dalam gelombang setiap harinya.

"Gelombang pertama dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Setelah mencapai kuota, maka pendaftaran pun akan ditutup. Sedangkan gelombang kedua dibuka dari pukul 13.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB," ungkap Eli.

Pemberlakuan kuota ini dijelaskan Eli karena Disdukcapil masih memiliki keterbatasan sarana dan prasarana. Untuk operator KTP elektronik saja hanya ada satu orang, begitu pula dengan operator KK dan KIA. Bahkan operator KIA seringkali diperbantukan untuk membantu operator KTP elektronik. Padahal idealnya operator itu ada 5 orang untuk satu kecamatan. Tidak hanya itu, dari lima mesin cetak yang dimiliki Disdukcapil Kota Cirebon hanya 3 yang berfungsi. Dua untuk KTP elektronik dan satu mesin cetak untuk KIA. Padahal setiap harinya mereka harus melayani pembuatan hingga lebih dari 300 dokumen baik itu KTP elektronik, KK maupun KIA.

“Karena itu agar efektif, kami pun mengatur waktu pelayanan kepada masyarakat. Khususnya agar layanan one day service bisa berjalan dengan baik,” ungkap Eli.(CB-003)
Share on Google Plus

About Admin

Cirebon Bribin hadirkan informasi seputar cirebon yang lebih informatif, edukatif dan menghibur.

0 komentar:

Posting Komentar

CIREBONBRIBIN.COM