PARAMETER: Pasangan Azis-Eti Diprediksi Menang di Pilwalkot Cirebon


CIREBON—Parameter Konsultindo Research & Consulting sebuah lembaga survei yang belum lama ini melakukan survei terhadap pasangan calon Wali Kota Cirebon memprdiksi pasangan Nashrudin Azis – Eti Herawati akan menang di Pilwalkot Cirebon mengalahkan pesaingnya yaitu pasangan Bamunas Setiawan Boediman – Effendi Edo.
Agus Aribowo selaku Direktur Eksekutif Parameter Konsultindo Research & Consulting mengatakan pasangan Azis-Eti merupakan inkumben yang sebelum perhelatan Pilwalkot Cirebon digelar, telah terbiasa berkomunikasi atau berinteraksi dengan banyak pihak.
“Inkumben biasanya memiliki instrumen politik dan jaringan yang telah berjalan sebelum Pilkada,” katanya dalam sebuah diskusi bersama mahasiswa dengan tema “Pilkada Kota Cirebon, Membelah atau Membangun?” pada Sabtu 23 Juni 2018.
Ari sapaan akrab Agus Aribowo menuturkan pasangan Azis – Eti (PASTI) memiliki tingkat popularitas yang lebih tinggi dibanding pasangan Oki-Edo (OKE) begitu juga dalam aspek elektabilitasnya.
“Berdasarkan survei yang kami lakukan, popularitas PASTI 64,5%, sedangkan OKE popularitasnya hanya 35,5%,” tuturnya.
Ari menambahkan untuk kesukaan masyarakat terhadap PASTI mencapai 63,3% dan untuk pasangan OKE kesukaan masyarakat sebesar 35,5%.
“Tingkat keterpilihan (elektabilitas) pasangan PASTI 65,7% dan pasangan OKE sebesar 34,3%,” tambahnya.
Dalam pelaksanaan survei, Parameter melibatkan sekitar 557 responden dengan metode sample random sampling dan margin error 3,5%.
“Pemilian sudah semakin dekat, maka akan sulit bagi pasangan OKE untuk mengungguli pasangan PASTI dalam ketiga aspek tersebut,” kata Ari. (CB-001).

Share on Google Plus

About Admin

Cirebon Bribin hadirkan informasi seputar cirebon yang lebih informatif, edukatif dan menghibur.

0 komentar:

Posting Komentar

CIREBONBRIBIN.COM