Penuhi Kebutuhan Tradisi Lebaran, BI Siapkan 5,59 Triliyun Uang Baru

Tradisi memberikan hadiah berupa uang baru saat Lebaran tiba, seperti telah menjadi salah satu bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat kita saat merayakan Hari Kemenangan.

Karena itu, untuk mengakomodir kebutuhan uang baru untuk masa Lebaran tahun ini. Bank Indonesia, dalam hal ini Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon telah menyiapkan sekitar 5,59 Triliyun uang baru.

Jumlah ini, berdasarkan penjelasan Kepala KPwBI Cirebon, Abdul Majid Ikram adalah total dari jumlah uang baru yang disiapkan bagi masyarakat Ciayumajakuning sepanjang Ramadhan hingga Idul Fitri 1439H .

"Kebutuhan sebesar Rp 5,59 triliun tersebut terdiri dari Uang Pecahan Besar (UPB) sebesar Rp5,01 triliun dan Uang Pecahan Kecil (UPK) untuk
penukaran masyarakat sebesar Rp0,5 triliun," jelasnya, Selasa (22/5).

Untuk masa penukarannya sendiri Majid mengatakan sudah dimulai di beberapa daerah di Ciayumajakuning melalui kas keliling. Dalam hal pelayanan penukaran uang baru ini, BI juga akan memberikan himbauan kepada Bank - bank untuk terbuka bagi masyarakat.

"Selain itu akan ada pelayanan penukaran bersama dengan Bank - bank di halaman Masjid At-Taqwa pada tanggal 28, 30 dan 31 Mei 2018 dan Rest Area KM 166 Tol Cipali pada tanggal 7 dan 8 Juni 2018 nanti," tuturnya.

Satu hal yang perlu di ingat dalam pelayanan penukaran uang baru ini tambah Majid lagi. Jumlahnya akan dibatasi. Hal ini guna mengantisipasi penukaran dalam jumlah besar yang nantinya akan diperdagangkan.(CB-003)
Share on Google Plus

About Admin

Cirebon Bribin hadirkan informasi seputar cirebon yang lebih informatif, edukatif dan menghibur.

0 komentar:

Posting Komentar

CIREBONBRIBIN.COM