Lagi, Pelaku UMKM di Kota Cirebon Dapatkan Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Online



Guna lebih meningkatkan kemampuan daya saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Cirebon di tengah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sudah semakin maju saat ini.

Sebanyak 100 pelaku UMKM di Kota Cirebon mendapatkan Pelatihan Strategis Pemasaran Berbasis Online Bagi Para UMKM Kota Cirebon Pada Kegiatan Penyelenggaraan Pelatihan Kewirausahaan. Yang berlangsung mulai 3 hingga 6 April 2018 di Balaikota Cirebon.

“UMKM sebagai salah satu penggerak ekonomi di Kota Cirebon harus siap menghadapi perkembangan teknologi informasi saat ini” ungkap Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Cirebon, Ir Yoyon Indrayana, MT.

Pelatihan untuk bisa memasarkan produk yang dihasilkan dengan cara online. Dikatakan Yoyon akan dapat membuat produk yang dihasilkan bisa terjual bisa lebih besar lagi.

“Namun kondisinya tidak semua mengerti bagaimana memasarkan secara online tersebut,” kata Yoyon.

Karena itu pelatihan ini pun diberikan sehingga pelaku UMKM di Kota Cirebon tidak gagap teknologi (gaptek) dan mampu bersaing di era ekonomi global saat ini. Kegiatan ini juga menurut Yoyon merupakan salah satu implementasi smart economy yang merupakan bagian dari smart city di Kota Cirebon.

Sementara itu, ditambahkan Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPUKM) Kota Cirebon, Ir. Hj, Yati Rohayati. Dalam pelatihan ini, pengelola market place pun diundang. Sehingga pelaku UMKM bisa langsung memasarkan produk mereka di market place tersebut.

“Karena itu pelatihan ini kita lakukan lebih dari sehari,” tuturnya.

Disini, para peserta akan langsung diajarkan bagaimana cara memasarkan produk melalui market place yang sudah ada. Kegiatan ini, lanjut Yati, sudah tiga kali dilakukan.

"Dimulai 2017 lalu. Sedangkan untuk tahun ini direncanakan dua kali," tambahnya.

Pelatihan kedua di tahun ini rencananya dilakukan pada triwulan ketiga dengan jumlah peserta yang lebih banyak lagi. Pelatihan ini pun menurut Yati dilakukan untuk mendukung program pemerintah pusat yaitu menjadikan Indonesia sebagai Digital Energy Of Asia dan 1.000 UMKM Online yang digagas oleh Kementrian Koperasi dan Kementrian Komunikasi dan Informasi.(CB-003)
Share on Google Plus

About Admin

Cirebon Bribin hadirkan informasi seputar cirebon yang lebih informatif, edukatif dan menghibur.

0 komentar:

Posting Komentar

CIREBONBRIBIN.COM