Menjaga Citarum Harus Dimulai Dari Hati


Prajurit, PNS Korem 063/SGJ dan Disjan Jajaran Korem 063/SGJ ikuti upacara di Makorem 063/SGJ. Senin (19/3). Dalam upacara yang dipimpin oleh Komandan Korem 063/SGJ Kolonel Inf Verti Sudijanto Sudin, dengan Komandan upacara Kapten Caj Safrudin Hafid tersebut. Seluruh peserta melakukan pembaca pembukaan UUD 1945, pengucap Sapta Marga Sertu Kusmaedi dan Pembaca Panca Prasetya Korpri PNS Wilopo.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo pada amanat upacara yang dibacakan oleh Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Verti Sudijanto Sudin mengatakan, untuk mengembalikan Sungai Citarum menjadi Sungai yang bersih kembali adalah suatu pekerjaan besar dan dibutuhkan keterlibatan semua pihak, termasuk bagi yang tidak bersentuhan langsung.

Caranya dengan menyampaikan pesan kepada setiap masyarakat agar mereka tidak lagi merusak sungai Citarum, salah satunya dengan tidak lagi membuang sampah ke sungai.

Mengangkat sampah dari permukaan sungai sudah mampu dibuktikan oleh Prajurit Maung Siliwangi, tidak membutuhkan waktu yang lama, bisa jadi hanya dalam waktu 1 hari sampah yang menumpuk di sungai mampu untuk kita bersihkan. 

"Akan tetapi mengubah hati, kebiasaan dan prilaku masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah membutuhkan waktu dan usaha yang tidak instan," Kata Danrem 063/SGJ membacakan sambutan Pangdam III/Siliwangi.

Dikatakan juga, agar gunakan kemampuan dan ciri khas Prajurit Siliwangi yang telah terkenal dekat dengan masyarakat, untuk dapat mengubah kebiasaan masyarakat yang salah. Datangilah mereka, ajak bertukar pikiran, ngadu bako, cari tahu permasalahannya serta bantu mencarisolusinya, adalah salah satu cara yang diyakini dapat segera mensukseskan gerakan Citarum Harum ini.

"Sekali lagi yakinilah, walaupun ibarat hanya setetes air yang anda sumbangkan, maka sesungguhnya apa yang anda lakukan tersebut akan tertulis sebagai amal ibadah," tutup Danrem 063/SGJ.(CB-003)

Share on Google Plus

About Admin

Cirebon Bribin hadirkan informasi seputar cirebon yang lebih informatif, edukatif dan menghibur.

0 komentar:

Posting Komentar

CIREBONBRIBIN.COM