Lengkapi Smart City, DKIS Kota Cirebon Luncurkan I Cirebon dan e-Presensi Siswa



Melengkapi Cirebon sebagai kota cerdas (Smart City), Dinas Komumikasi Informasi dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon luncurkan aplikasi I Cirebon (perpustakaan digital) dan E Presensi Siswa (E Kehadiran Siswa). Bertempat di aula SMP N 6 Cirebon, Kamis (8/2).

Ketua tim pelaksana Smart City Kota Cirebon, Iing Daiman, S.Ip, M. Si, menjelaskan jika I Cirebon merupakan aplikasi perpustakaan digital yang dapat diakses melalui android oleh semua orang. Sedangkan e-Presensi Siswa merupakan aplikasi langganan sms blast bagi orangtua atau wali yang ingin memperoleh informasi waktu kedatangan dan kepulangan siswa atau anak mereka saat di sekolah.

“biaya e Presensi hanya Rp 6 ribu/bulan dari pemotongan pulsa telepon orangtua siswa/wali,” ungkap Iing.

Namun pengguna dan kepesertaan aplikasi ini menurut Iing sifatnya tidak wajib. Hanya untuk orangtua atau wali yang secara sukarela mendaftarkan diri untuk berlangganan.  Kedua aplikasi tersebut merupakan hasil kerjasama dengan PT Indosat Tbk (ooredoo).

Peluncuran hari ini melengkapi sejumlah aplikasi yang sebelumnya sudah diluncurkan. Mulai dari aplikasi Cirebon Wistakon atau wisata Kota Cirebon, Cirebon Lengko (layanan elektronik kesehatan online), Cirebon Brojol Aja Klalen (akte langsung jadi kalau lapor lewat online) dengan konsep one day service, Cirebon Sedulur (Sistem Elektronik Pelayanan Digital Kelurahan), Cirebon Sega Jamblang (sistem elektronik kepegawaian dan evaluasi kinerja secara gambolang), Portal Satin Cirebon Pasti Weru (penyajikan informasi Kota Cirebon dalam satu portal), Wadul Bae (warga peduli bocah lan emboke) dan Cirebon Jeh (Jaringan Edukasi Hukum).  “Hari ini, kita semua yang tergabung dalam Dewan Smart City Kota Cirebon tetap berkomitmen untuk mewujudkan Cirebon Smart City,” ungkap Iing.



Sementara itu Walikota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis, SH, mengapresiasi kegiatan hari ini.

“Karena telah melibatkan berbagai pihak dalam wadah dewan smart city,” ungkap Azis. Dengan kolaborasi ini maka program Smart City Kota Cirebon tidak membebani APBD Kota Cirebon. Ini merupakan representasi dari semangat sinergitas dan kolaborasi. Inilah yang membedakan penerapan Smart City di Kota Cirebon dengan kota lainnya.

Azis pun menambahkan jika peluncuran aplikasi I Cirebon (Perpustakaan Digital) dan E Presensi Siswa (E kehadiran Siswa), termasuk peresmian merupakan program yang sudah sesuai dengan harapannya.

“Harapan saya yang ingin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kota Cirebon,” kata Azis.

Karenanya Azis berharap agar program Smart City ini dapat lebih berkembang lagi dengan mengedepankan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya yakin, Kota Cirebon akan lebih maju di masa yang akan datang" tegas azis.(CB-003)
Share on Google Plus

About Admin

Cirebon Bribin hadirkan informasi seputar cirebon yang lebih informatif, edukatif dan menghibur.

0 komentar:

Posting Komentar

CIREBONBRIBIN.COM