Rabu, Februari 14, 2018

Peningkatan harga-harga komoditas tentu mempengaruhi daya beli di masyarakat. Berbagai upaya dilaksanakan dalam rangka mengendalikan harga-harga komoditas di masyarakat salah satunya melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

Di awal tahun 2018, dipandang perlu untuk melaksanakan koordinasi awal terkait dengan TPID di wilayah Ciayumajakuning terlebih lagi dengan adanya Keppres sekaligus Kepmendagri terbaru tentang TPID yang dikeluarkan di akhir tahun 2017.

Karena itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon bersama seluruh perwakilan TPID di wilayah Ciayumajakuning melaksanakan High Level Meeting (HLM) TPID dengan tema khusus di tahun 2018 adalah mengedepankan kerjasama antar daerah, Selasa (13/2).

Kegiatan yang diikuti oleh + 45 perwakilan dinas/instansi terkait yang menjadi anggota TPID di seluruh wilayah Ciayumajakuning ini dihadiri oleh unsur pimpinan daerah dalam hal ini oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas, Sekretaris Dinas serta beberapa pimpinan lembaga/asosiasi yang terlibat di dalam TPID.

HLM TPID yang kali ini dipimpin oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Cirebon, Yoyon Indrayana didampingi oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Rawindra Ardiansah membahas mengenai pencapaian inflasi di tahun 2017 mulai dari program khusus s.d program umum yang dinilai cukup berhasil dengan pencapaian angka inflasi sebesar 4,36% (yoy) masih di dalam target inflasi nasional sebesar 4% + 1%.

Namun demikian,dibahas juga di dalam HLM kali ini bahwasannya tantangan pencapaian target inflasi di tahun 2018 dirasa lebih berat dibanding tahun 2017 yaitu di angka 3,5% + 1%.

"terlebih dengan adanya ancaman perubahan pola tanam, rencana kenaikan tarif cukai rokok, kemungkinan kenaikan harga minyak dunia serta kemungkinan penerapan batas atas dan batas bawah tarif angkutan pesawat," kata Rawindra.

Namun demikian, melalui penguatan koordinasi antar TPID di Ciayumajakuning sekaligus meningkatkan upaya kerjasama antar daerah diharapkan segala kendala tersebut dapat diminimalisir dan target inflasi tahun 2018 dapat tercapai. Rencana program kerja baik program kerja masing-masing TPID maupun program kerja bersama TPID di Ciayumajakuning tahun 2018 ikut pula menjadi pembahasan di dalam kegiatan HLM TPID kali ini.

Dibahas di dalam kegiatan HLM dimaksud tantangan pengendalian inflasi yang mungkin dihadapi oleh TPID dalam mewujudkan pengendalian inflasi daerah untuk tahun 2018 sekaligus dibahas mengenai program-program unggulan TPID dari masing-masing Kabupaten/Kota.

Berdasarkan hasil pembahasan tersebut diperoleh beberapa rekomendasi untuk kegiatan TPID di wilayah Ciayumajakuning tahun 2018 diantaranya sinergi website terkait informasi harga komoditas antar TPID di wilayah Ciayumajakuning.

"serta pelaksanaan operasi pasar murah bersama antar TPID di wilayah Ciayumajakuning guna mendukung terwujudnya kerjasama antar daerah," pungkasnya.(CB-003)

0 comments:

Posting Komentar