Peringatan Hari Dharma Samudera ; Kenang Jasa Pahlawan, Tingkatkan Kesadaran Membangun Bangsa


Peringatan Hari Dharma Samudera untuk mengenang peristiwa heroik yang terjadi di Laut Aru pada 15 Januari 1962. Dikatakan oleh Danlanal Cirebon, Letkol Mar Yustinus Rudiman, memiliki makna penting bagi seluruh prajurit TNI Angkatan Laut.

“Selain sebagai wujud penghormatan dan penghargaan sekaligus juga bisa menggugah kesadaran putra dan putri bangsa Indonesia,” ungkapnya usai pelaksaan Upacara Hari Dharma Samudera, Senin (15/1)

Terutama menggugah kesadaran dan semangat untuk mewujudkan kejayaan Indonesia sebagai bangsa bahari. Apalagi, Indonesia adalah negara yang memiliki panjang pantai kedua terpanjang didunia, setelah Kanada.

"Saya berharap generasi muda bisa lebih aktif membangun potensi laut di Indonesia. Sehingga Indonesia bisa menjadi bangsa bahari yang berjaya,"harapnya.

Sementara itu, Walikota Cirebon Drs Nashrudin Azis yang memimpin jalannya upacara peringatan Hari Dharma Samudera di Kota Cirebon mengatakan dahulu, pahlawan bangsa rela mengorbankan jiwa mereka untuk agar kemerdekaan Indonesa tercapai.

Saat ini pengorbanan masih dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kota Cirebon.

"Apalagi Cirebon juga memiliki pahlawan yaitu Kapten Samadikun. Yang dengan gagah berani, melakukan perlawanan mempertahankan wilayah teritorial Indonesia sekalipun dengan persenjataan yang tidak seimbang,"jelas Azis.

Di era kekinian, lanjut Azis, pengorbanan seperti yang dilakukan oleh para pahlawan bangsa juga masih sangat dibutuhkan.  Namun dalam bentuk yang lain, yaitu pengorbanan untuk mensejahterakan masyarakat, khususnya masyarakat yang ada di Kota Cirebon.

"Dengan pengorbanan dan hati yang tulus untuk mengabdi, saya yakin kehidupan warga Kota Cirebon akan semakin sejahtera ke depannya,"pungkasnya.(CB-003)

Share on Google Plus

About Admin

Cirebon Bribin hadirkan informasi seputar cirebon yang lebih informatif, edukatif dan menghibur.

0 komentar:

Posting Komentar

CIREBONBRIBIN.COM