Komisi A DPRD Kota Cirebon Apresiasi Kinerja DKIS Terkait Program Smart City

FOTO BERSAMA: Kunjungan Komisi A DPRD Kota Cirebon ke Kantor DKIS
CIREBON—Komisi A DPRD Kota Cirebon pada Hari Jumat 05 Januari 2018 berkunjung ke Command Center yang terletak di Kantor Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS). Kehadiran mereka untuk meninjau secara langsung progres program Smart City.
Rombongan Komisi A DPRD Kota Cirebon yang terdiri dari Wakil Ketua Komisi A Drs. Yayan Sopian, Sekretaris Komisi A, Dani Mardani SH, MH, dan Anggota Komisi A, Cicip Awaludin SH, dan Ruri Tri Lesmana disambut langsung oleh Kepala DKIS, Iing Daiman S. Ip, M. Si yang didampingi Sekretaris DKIS Ma`ruf Nuryasa beserta jajaran pejabat DKIS lainnya.
Tahap awal pertemuan, Iing memaparkan program Smart City telah dimulai sejak tahun 2017 lalu dan pihaknya telah melakukan berbagai langkah konsolidasi di tingkat internal intansi yang ada di bawah naungan Pemerintah Daerah Kota Cirebon ataupun konsolidasi dengan pihak eksternal seperti kalangan swasta.
Dia menuturkan sebagai implementasi program Smart City, DKIS telah membentuk Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan meresmikan Command Center sebagai pusat kontrol dan data khususnya yang berhubungan dengan pelayanan yang diberikan sejumlah instansi Pemda Kota Cirebon.
“DKIS menghimpun data-data dari dinas begitu juga dengan sistem pelayanannya yang bisa diakses masyarakat secara online,” katanya, Jumat 05 Januari 2018.
Iing mencontohkan informasi yang bisa diakses secara online oleh masyarakat melalui Command Center adalah informasi ketersediaan ruangan di RS. Gunung Jati, dan urutan antrian di tiap Puskesmas.
“Masih banyak lagi data dan pelayanan dari instansi-instansi yang bisa diakses masyarakat secara online,” tuturnya.
Iing menambahkan pada tahun 2018 DKIS juga akan meresmikan Command Center tingkat Kota Cirebon atau yang kapasitasnya lebih besar dari Command Center milik DKIS saat ini. Command Center tingkat Kota Cirebon rencananya akan dibuat di Kantor Wali Kota Cirebon yang berada di Jalan Siliwangi.
“Kami akan mengupayakan keterlibatan pihak ketiga [swasta] khususnya untuk fasilitas koneksi internet yang lebih kencang [fiber optic],” ujarnya.
Menanggapi pemaparan dari Kepala DKIS, Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Cirebon Yayan Sopian memberikan apresiasi kepada DKIS selaku mitra kerja Komisi A yang telah banyak mengeluarkan terobosan-terobosan dalam program Smart City.
“Komisi A berharap inovasi dari DKIS tidak berhenti sampai di sini, kedepan diharapkan terobosan DKIS bisa lebih baik dari sekrang,” katanya.
Pada saat yang sama, Anggota Komisi A, DPRD Kota Cirebon Cicip Awaludin juga memberikan apresiasi terhadap progres program Smart City yang telah dijalankan DKIS, apalagi ada beberapa kegiatan yang bisa terlaksana tanpa dana dari APBD.
“Tiap kunjungan ke instansi mitra kerja Komisi A, kebanyakan program tidak berjalan tanpa dana, tapi DKIS bisa, ini luar biasa!,” tegasnya.

Cicip menambahkan Komisi A akan terus mengawal proses berjalannya program Smart City termasuk dari sisi regulasi akan mendorong agar Rapperda tentang Smart City segera disahkan. (CB-001)
Share on Google Plus

About Admin

Cirebon Bribin hadirkan informasi seputar cirebon yang lebih informatif, edukatif dan menghibur.

0 komentar:

Posting Komentar

CIREBONBRIBIN.COM