Bebersih Kriyan, Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Pada Sungai

Didorong oleh keprihatinan atas kondisi sungai kriyan yang kian hari semakin banyak dihiasi tumpukan sampah di sepanjang bantaran maupun pada permukaan airnya.

Dinas Lingkungan Hidup, warga setempat dan berbagai komunitas pecinta lingkungan, sejak beberapa bulan ke belakang, giat melakukan bebersih sungai Kriyan. Hingga kini, kesadaran masyarakat untuk lebih menjaga kelstarian sungai pun secara perlahan mulai tumbuh.

Hal ini seperti yang diungkapkan Didi Dianto selaku ketua RW 2 Mandalangen Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk. Dengan sosialisasi dari berbagai pihak dan aksi kerja bakti untuk membersihkan sungai tersebut dari berbagai komunitas dan warga sekitar, kini sungai sudah cukup baik dibandingkan sebelumnya.

""Dulunya berbagai sampah bukan hanya menjadi gundukan di pinggir sungai namun benar-benar bertebaran di permukaan sungai," ungkapnya.

Didi juga mengatakan saat ini warga RW 2 pun telah memiliki program rutin kerja bakti untuk membersihkan sungai. Kegiatan tersebut, diakui Didi juga disambut warga. Apalagi dengan adanya bantuan rakit untuk membantu masyarakat mengambil sampah yang ada di permukaan dari Dinas Lingkungan Hidup. Yang diberikan sekitar akhir tahun lalu.

"Setiap hari Minggu kami kerja bakti membersihkan bersmaa sungai Kriyan pagi dan kadang sore juga. Dan yang lebih baik lagi, kini sudah tidak ada lagi warga yang membuang sampah di pinggir sungai,"pungkasnya.(CB-003)
Share on Google Plus

About Admin

Cirebon Bribin hadirkan informasi seputar cirebon yang lebih informatif, edukatif dan menghibur.

0 komentar:

Posting Komentar

CIREBONBRIBIN.COM