Pemkot Cirebon Tanam 450 Pohon Endemik di Kebon Pelok

Dalam rangka peringatan Hari menanam Pohon Indonesia dan juga Bulan Menanam Pohon 2017, hari ini Pemerintah Kota Cirebon lakukan penanaman pohon di lokasi Taman Keanekaragaman Hayati (Eks Hutan Kota) Kebon Pelok Kota Cirebon, Sabtu (2/12).

Sebanyak 450 pohon endemik ditanam oleh Pemkot Cirebon dalam kegiatan ini. Pohon endemik tersebut diantaranya adalah pohon gayam, jamblang dan kesambi.

Kegiatan penanaman pohon ini dihadiri oleh Forkopimda Kota Cirebon, General Manager PT. Pelindo II (PERSERO) Cirebon, Para Asisten, Staf Ahli, OPD Pemerintah Daerah dan Ketua Ormas, LSM, Forum PLH Caruban. Dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon, Drs. H. R.M Abdullah Syukur, M.Si

Wali Kota Cirebon yang diwakili oleh Dandim 0614/Kota Cirebon Letkol Inf Heri Rustanto menghimbau agar menanam pohon Indonesia tidak hanya dilakukan dalam aksi seperti ini saja. Melainkan harus dilaksanakan kapan saja. Hal ini dikarenakan dengan menanam pohon merupakan langkah mitigasi sebagai salah satu upaya mengurangi emisi karbon. Yang sejalan pula dengan tujuan utama perjanjian Internasional Paris Agreement untuk menahan laju kenaikan suhu bumi tidak lebih dari 2°C atau sedapatnya menekan hingga 1,5°C.

“Dalam kegiatan ini, saya sangat mengapresiasi dan semoga bisa berkelanjutan. Namun, kita juga harus ingat, menanam pohon itu bisa dilakukan kapan saja, dengan di mulai dari lingkungan terdekat kita. Tidak perlu menunggu hari hari tertentu," ujarnya.

Senada dengan Dandim 0614/Kota Cirebon. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon berharap adanya aksi penanaman pohon ini dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk tak lupa menanam pohon dan merawat pohon di lingkungan rumahnya.

"Mulailah dari pekarangan rumah sendiri untuk menanam pohon karena pohon itu memiliki banyak sekali manfaat salah satunya menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen sebagai udara untuk kita bernapas,” tuturnya.

Syukur juga menjelaskan bahwa penanaman pohon ini sebanyak 450 pohon ini berasal dari sumbangan PT. Pelindo II (Persero) Cabang Cirebon sebanyak 300 Pohon dan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota cirebon sebanyak 150 Pohon.(CB-003)

Share on Google Plus

About Admin

Cirebon Bribin hadirkan informasi seputar cirebon yang lebih informatif, edukatif dan menghibur.

0 komentar:

Posting Komentar

CIREBONBRIBIN.COM