Melihat Efisiensi E-Commerce Dalam Dinamika Perkembangan Perekonomian

Ditengah dinamika perekonomian yang berkembang sangat cepat sekarang ini, Bank Indonesia melihat mainstreannya pada saat ini lebih mengarah kepada e-commerce.

Dikatakan oleh M. Abdul Majid selaku Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon. Bahwa platform e-commerce menjadi tren saat ini karena memang banyak memiliki kelebihan.

"E-commerce ini sangat efisien karena memotong jalur pemasaran, transportasi dan juga efisiensi biaya lainnya,"jelas Majid.

Melihat pentingnya hal tersebut, dan dalam rangka mengapresiasi para responden yang notabene adalah para pelaku usaha, perbankan, industri dan juga UKM. Pada hari ini Bank Indonesia Cirebon mengundang CFO Bukalapak Muhamad Fajrin Rasyid di Ruang Serbaguna Sasana Gunung Jati Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, dalam acara temu responden 2017 dengan mengangkat tema "Digitalisasi Usaha, Why Not ?". Untuk memberikan wawasan agar mereka juga terbuka bahwa ada model perdagangan melalui digital.

"pentingnya wawasan digitalisasi usaha ini bagi para responden adalah agar mereka juga tidak tersapu arus mainstream saat ini,"ungkapnya.

Dari sisi diskusi bersama CFO Bukalapak tadi, Majid mengatakan dirinya melihat di Cirebon sebenarnya sudah ada perkembangan untuk menuju kearah sana, khususnya dari anak-anak muda. Bank Indonesia sendiri juga akan terus berupaya mendorong pengusaha-pengusaha yang sudah eksis baik skala mikro maupun kecil, sedang maupun besar untuk menuju ke platform e-commerce.

"Namun Bank Indonesia juga tetap akan mengakomodir metode penjualan konvensional,"lanjut Majid.

Sementara itu, CFO Bukalapak Muhammad Fajrin, membenarkan apa yang disampaikan oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon. Bahwa, memang untuk platform E-Commerce lebih terlihat perkembangannya pada generasi muda. Dari segmentasi usia, konsumen yang paling aktif di Bukalapak sekitar 60-70% adalah mereka yang berusia antara 20-30 tahun. 

Fajrin memaparkan, bahwa di Bukalapak beberapa jenis barang yang banyak mengalami penjualan adalah produk fashion, hobi, olahraga dan lain sebagainya.

"Untuk fashion biasanya lebih diminati oleh wanita, sedangkan untuk pria jauh lebih beragam,"pungkasnya.(CB-003)

Share on Google Plus

About Admin

Cirebon Bribin hadirkan informasi seputar cirebon yang lebih informatif, edukatif dan menghibur.

0 komentar:

Posting Komentar

CIREBONBRIBIN.COM