Kementrian Kelautan dan Perikanan Gelar Jambore Pesisir di Kota Cirebon

Jambore Pesisir 2017, resmi digelar di Kota Cirebon hari ini, Jumat (27/10) hingga hari minggu (29/10) mendatang. Jambore ini diikuti oleh sekitar 500 peserta dari Anggota legislatif, TNI/POLRI, Pemerintah Daerah, anggota pramuka dan lainnya.

Jambore Pesisir ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Gerakan Cinta Laut (GITA LAUT) selain dari gerakan bersih pantai dan laut, sekolah pantai, workhsop pengelolaan sampah, sebagai pelaksanaan visi Kementrian Kelautan dan Perikanan untuk mewujudkan sektor kelautan dan perikanan Indonesia yang mandiri, maju, kuat dan berbasis kepentingan Nasional yang diperkuat melalui misi penciptaan kedulatan, kesejahteraan, dan keberlanjutan. Kegiatan ini dilaksanakan di sepuluh lokasi yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dengan melibatkan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Lembaga Swadaya Masyarakat, Akademisi, pelajar, stakeholder terkait dan masyarakat umum.

Dikatakan Brahmantya Satyamurti Poerwadi, ST selaku Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut. Tujuan dari pelaksanaan Jambore Pesisir ini adalah untuk memberikan pendidikan, pembelajaran, dan pemahaman bagi peserta khususnya generasi muda tentang ekosistem pesisir, strategi mitigasi bencana pesisir dan adaptasi perubahan iklim.

Kegiatan Jambore Pesisir ini juga sebagai wahana bagi generasi muda dan masyarakat pada umumnya untuk belajar, meningkatkan keterampilan, berbagi pengalaman, sekaligus mempraktekan secara langsung kegiatan pelestarian ekosistem pesisir, penanggulangan pencemaran pesisi sekaligus mitigasi bencana dan adaptasi terhadap perubahan iklim.

"Karenanya, untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Maka Jambore Pesisir ini disusun menjadi tiga komponen yakni, edukasi, advokasi dan aksi,"jelas Brahmantya.

Dikatakan oleh Sekertaris Daerah Kota Cirebon, Asep Dedi. Kota Cirebon sebagai salah satu kota yang beada di utara Pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan laut, karena itu Pemerintah Kota Cirebon berharap agar pelaksanaan berbagai program dari kementrian pusat yang berlangsung di Kota Cirebon dapat berkelanjutan.

"Sebagai upaya pasti yang berkesinambungan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat,"jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi 7 DPR RI yang hadir dalam pembukaan Jambore Pesisir 2017 di Kota Cirebon menjelaskan bahwa Indonesia adalah negara Maritim yang 2/3 kawasannya adalah perairan dan laut. Sehingga seluruh masyarakat Indonesia harus mencintai laut. Menjaga laut, adalah menjaga seluruh Indonesia. Karena bila wilayah laut rusak, maka wilayah daratan juga rusak.

"Satu satunya cara untuk menjaga laut adalah bagaimana menggugah kembali kita sebagai negara bahari, salah satunya adalah melalui program GITA LAUT ini,"pungkasnya.(CB-003)

Share on Google Plus

About Admin

Cirebon Bribin hadirkan informasi seputar cirebon yang lebih informatif, edukatif dan menghibur.

0 komentar:

Posting Komentar

CIREBONBRIBIN.COM