Dorong Anak Berpikir Kreatif, Cirebon Power Donasikan 1700 Buku Inovasi Untuk 425 Taman Bacaan di Indonesia


Tergerak melihat kondisi minimnya kecukupan infrastruktur pada taman bacaan atau perpustakaan, dengan jumlah dan kualitas buku yang tidak memadai. Cirebon Power bersama Persatuan Insinyur Indonesia (PII) berinisiatif untuk ambil bagian dalam program Free Cargo Literacy (FCL) atau Pustaka Bebas Bea (PBB) yang diinisiasi PT Pos Indonesia, untuk turut berperan menyebarkan ilmu dan inspirasi melalui buku. 

Dalam hal ini, Cirebon Power bersama Persatuan Insinyur Indonesia (PII) donasikan sebanyak 1.700 buku yang akan didistribusikan oleh PT Pos untuk 425 taman bacaan di seluruh Indonesia.

Adapun buku yang didonasikan adalah empat Buku Inovasi ; Cerita Pendek Tentang Penemuan, Penciptaan, Kreativitas dan Inovasi, karangan Heru Dewanto, Wakil Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) yang juga Presiden Direktur Cirebon Power. 

Dikatakan oleh Heru, buku ini berisi 48 cerita pendek tentang penemuan, inovasi dan kreativitas yang dihasilkan manusia. Buku ini menceritakan bagaimana berbagai temuan tersebut dihasilkan, proses terjadinya serta latar belakang yang mendorong terjadinya temuan dan inovasi, demi mendorong tumbuhnya cara berpikir kreatif anak sejak usia dini. 

"Buku ini ingin menjelaskan bahwa penemuan, inovasi dan kreativitas yang mengubah kehidupan manusia tidak selalu dan tidak harus terjadi melalui riset-riset yang resmi pemerintah, swasta atau perguruan tinggi yang menelan biaya yang mahal" katanya dalam sambutannya pada acara penyerahan donasi buku Inovasi Vestibule Kantor Pos Bandung, Jl. Asia Afrika No. 59 Bandung,, Selasa (17/10/2017).

Menurut Heru, penemuan dan kreativitas bisa saja terjadi dalam keseharian kita atau sering disebut sebagai inovasi akar rumput. “Kita berharap, semangat inovasi akan bertumbuh di generasi muda kita, karena inovasi lah yang menentukan arah peradaban kita. Tak hanya itu, inovasi juga bermakna entepreneurship, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan menciptakan kesejahteraan” ujar Heru.

Buku Inovasi ini, diharapkan dapat menjadi salah satu instrumen penyebarluasan wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi ke seluruh pelosok negeri, mendorong anak untuk bermimpi, dan berpikir kreatif, dan berani melahirkan inovasi.

"Buku Inovasi bisa dijadikan bahan modul story telling untuk menumbuhkan semangat inovasi dan kreativitas bagi anak-anak sekolah dasar (SD) dan SMP. Story telling juga terbukti mampu membuat kemampuan efektif membaca anak meningkat," katanya. 

Siswa SD dan SMP menjadi pangsa pembaca ideal buku ini, karena secara psikologi, pengalaman anak usia dini memiliki pengaruh kuat pada kemampuan kognitif, sosial dan emosional agar menumbuh kembangkan cara berpikir kreatif  sejak dini.

"Sejak tahun 2016, Cirebon Power telah bekerja sama dengan relawan mahasiswa dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk menjalankan program story telling kepada siswa kelas 4-6 di 20 Sekolah Dasar di Cirebon, dengan menggunakan Buku Inovasi ini,"tambah Heru lagi.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pos Indonesia Gilarsih Wahju Setijono dalam acara ini menuturkan, hingga saat ini sudah terdapat 900 taman bacaan yang terdata di PT Pos Indonesia. Pihaknya mencatat, sejak Mei lalu saat Program Pustaka Bergerak diluncurkan, sudah sekitar 140 ribu buku yang didonasikan ke taman bacaan di seluruh Indonesia. Gilarsih juga mengajak kepada pihak yang lainnya, untuk ikut terlibat dalam kegiatan donasi buku ini.

“Bagi yang memiliki buku yang mau didonasikan, bisa disampaikan melalui PT Pos seperti yang dilakukan oleh Cirebon Power,” kata Gilarsih

Share on Google Plus

About Admin

Cirebon Bribin hadirkan informasi seputar cirebon yang lebih informatif, edukatif dan menghibur.

0 komentar:

Posting Komentar

CIREBONBRIBIN.COM