Deddy Mizwar : Pariwisata Jawa Barat Lebih Kaya Daripada Bali



Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar katakan bahwa Jawa Barat miliki potensi pariwisata yang lebih baik dari pada Bali. Bukan hanya keindahan alamnya saja, namun lebih dari itu. Jawa Barat memiliki kebudayaan yang lebih kaya dari pada Bali.

"Di Bali itu hanya mono culture, sedangkan Jawa Barat dengan multiculture saya kira bisa lebih menarik wisatawan,"ungkapnya usai santap malam di Cirebon bersama awak media, Selasa (26/9).

Namun Deddy menambahkan, permasalahan yang ada di Jawa Barat saat ini adalah. Belum bisa memanfaatkan kekayaan budaya yang dimiliki. Semantara Bali sudah bisa melakukan itu. Menurutnya, Jawa Barat perlu belajar kepada Bali tentang bagaimana memaksimalkan potensi kebudayaan untuk menjadi daya tarik wisata yang bisa mendatangkan wisatawan dari luar daerah maupun mancanegara.

Dengan menjadikan kebudayaan sebagai daya tarik pariwisata daerah, lanjutnya lagi. Tak hanya akan memberikan nilai ekonomis bagi Jawa Barat. Namun juga akan dapat menjaga kelestarian budaya tersebut.

"Bila sudah bernilai ekonomis, secara alami masyarakat akan menjaga kelestarian budayanya tanpa perlu dihimbau oleh pemerintah,"tuturnya.

Selain itu Deddy juga mengatakan bahwa kita perlu melakukan digitalisasi pariwisata Jawa Barat. Dan menyebarluaskan segala bentuk informasi seperti lokasi destinasi wisata, jadwal upacara adat, akses transportasi, sarana pendukung pariwisata dan lain sebagainya di Jawa Barat dengan memanfaatkan teknologi internet.(CB-003)
Share on Google Plus

About Admin

Cirebon Bribin hadirkan informasi seputar cirebon yang lebih informatif, edukatif dan menghibur.

0 komentar:

Posting Komentar

CIREBONBRIBIN.COM