Era Digitalisasi, Pelaku UMKM Harus Siap Go Online




Perkembangan teknologi dimasa sekarang, menuntut semua untuk serba cepat dan mudah. Termasuk juga dalam urusan berbelanja. Kebiasaan masyarakat dalam urusan yang satu ini pun kini sudah mengalami pergeseran.

Bila dahulu transaksi jual beli mengharuskan penjual dan pembeli bertatap muka, maka diera digital saat ini hal tersebut sudah tidak perlu dilakukan. Saat ini, transaksi jual beli bisa dilakukan tanpa harus bertatap muka, melalui sistem online atau e-commerce.

Staf Ahli Kominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa, Drs. Gun Gun Siswadi, M.Si menuturkan bahwa para pelaku UMKM saat ini yang tadinya melakukan promosi dan pemasaran menggunakan cara konvensional harus sudah siap beralih ke online.

"Karena mau tidak mau suka tidak suka saat ini sudah eranya digitalisasi oleh karena itu UMKM diharapkan bisa memanfaatkan era digital supaya mereka bisa meningkatkan produknya serya pendapatannya,"jelasnya di tengah kegiatan Pemberdayaan UMKM melalui Tim Pecepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dan Fasilitas serta Edukasi UMKM Go Online Kota Cirebon, Rabu (2/8)

Melalui sistem online, produk UMKM tak hanya akan dapat dilihat dan dibeli oleh masyarakat Cirebon saja. Namun oleh masyarakat global. Untuk itu, tentunya UMKM selain harus diedukasi tentang promosi dan pemasaran online. Tentunya harus juga diimbangi dengan peningkatan kualitas produknya.

"Karena setelah menggunakan sistem online, masayarakat global akan dapat melihat produk UMKM kita. Nah, tentunya guna menghadapi persaingan dan menarik pembeli. Tantangan UMKM adalah bagaimana juga cara meningkatkan kualitas produknya,"katanya lagi.

Gungun juga menambahkan, nanti di tahun 2020 diprediksi akan ada sekitar 8 juta UMKM yang tiap tahunnya bertambah 1 juta. Ini tentunya harus didorong terus danjuga diinisiasi oleh masyarakat.

"Karena UMKM ini sebagai tulang punggung ekonomi yang tak terkena imbas krisis ekonomi. Itulah sebabnya kita juga melibatkan perbankan dengan koridor OJK untuk melirik UMKM supaya dapat memberdayakan masyarakat,"pungkasnya(CB-003)
Share on Google Plus

About Admin

Cirebon Bribin hadirkan informasi seputar cirebon yang lebih informatif, edukatif dan menghibur.

0 komentar:

Posting Komentar

CIREBONBRIBIN.COM