Selasa, Agustus 29, 2017


Bagi orang yang mampu, berkurban pada Hari Raya Idul Adha adalah suatu kewajiban yang harus ditunaikan. Karenanya setiap menjelang Hari Raya Idul Adha, banyak pedagang hewan kurban, baik kambing maupun sapi kita temukan di hampir setiap sudut kota Cirebon.

Hampir semua pedagang menawarkan hewan kurban dengan variasi harga yang berbeda-beda, namun perlu diperhatikan. Dalam berkurban ada syarat-syarat yang perlu dipenuhi agar kurban kita sah sesuai syariat agama.

Karenanya, dalam membeli hewan kurban kita harus pandai memilih hewan yang sesuai dengan syarat sah berkurban. Diantaranya adalah, cukup umur, sehat dan tidak cacat fisik.



Cara memilih hewan kurban yang sudah memenuhi syarat, seperti dikatakan Maharani Dewi, Kepala Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DPPKP) dapat dilakukan dengan melihat bulu, mata, kondisi fisik dan juga gigi.

"Cara melihatnya mudah saja, untuk kesehatan lihat saja dari bulu dan matanya. Sementara untuk fisik pastikan tidak ada cacat pada tubuhnya dan untuk umur, terlihat dari gigi hewan lengkap apa tidak. Pada kambing perubahan gigi susu menandakan umur 1 tahun, sementara pada sapi menandakan umur 2 tahun,"sebutnya.

Bila masyarakat kebingungan, cara termudah adalah dengan melihat tanda pada hewan ternak yang dipasang pada hewan yang sudah lolos pemeriksaan dan dinyatakan sehat serta memenuhi syarat sebagai hewan kurban.



"Pada hewan yang sehat dan memenuhi syarat, kami berikan tanda. Acuan ini bisa digunakan masyarakat untuk memilih hewan kurban,"pungkasnya.(CB-003)

0 comments:

Posting Komentar