Selamat Jalan "Emak" Atik, Pejuang Lingkungan dan Pendidikan Cirebon



Cirebon berduka, hari ini Senin 10 Juli 2017. Kita semua telah kehilangan seorang tokoh wanita yang sangat inspiratif, aktivis pejuang lingkungan dan pendidikan, "Emak" Atik Yuliana.

Wanita kelahiran Sragen, 16 September 1980 ini menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Gunung Jati, Cirebon sekitar pukul 1 siang saat menjalani pengobatan akibat sakit yang dideritanya.

Duka mendalam tak hanya dirasakan oleh sanak keluarga, namun juga oleh teman-teman seperjuangannya yang hadir dari berbagai penjuru Cirebon untuk mengantarkan emak ke tempat peristirahatan terakhir di dekat tempat tinggalnya desa Ciawi, Palimanan, Kabupaten Cirebon.

Cecep, ketua Sanggar Lingkungan Hidup Cirebon yang selama ini sangat dekat dengan Almarhumah sampai tak mampu berkata-kata saat menyaksikan jenasah emak di masukan ke liang lahat.

"Tak ada lagi yang mampu saya katakan. Emak, teman sekaligus Ibu untuk kita semua hari ini telah berpulang. Semoga semua amal baiknya di terima dan dilapangkan kuburnya,"kata Cecep usai pemakaman.

Semasa hidupnya, almarhumah yang seorang Guru SMP ini juga sangat aktif berkegiatan sebagai Pecinta Lingkungan dan sangat perduli kepada sekitarnya. Bahkan "kado" kanker ovarium stadium 3C di ulang tahunnya yang ke 34 tahun 2014. Tak mampu menghentikan langkahnya untuk terus melakukan kegiatan rutinnya.

"Meski sambil menjalani pengobatan. Emak terus mencoba menjadi pribadi yang bisa bermanfaat untuk sekitarnya,"ujar Panji salah seorang teman almarhumah.

Hingga akhir hayatnya, almarhumah telah meninggalkan begitu banyak memori indah bagi sekitarnya. Salah satunya perpustakaan jalanan (perjal) yang susah payah ia rintis bersama mereka yang juga perduli pada dunia pendidikan.

3 buah perpustakaan jalanan telah berhasil ia wujudkan sebagai tempat berbagi pengetahuan untuk masyarakat. Di alun-alun Palimanan, di Stadion Bima dan dirumahnya sendiri, Desa Ciawi, Palimanan, Kabupaten Cirebon.

Kini, meski emak telah tiada. Semoga semangatnya terus hadir dan menginspirasi kita semua. Selamat jalan emak, selamat jalan pejuang lingkungan dan pendidikan Cirebon.(CB-003)
Share on Google Plus

About Admin

Cirebon Bribin hadirkan informasi seputar cirebon yang lebih informatif, edukatif dan menghibur.

0 komentar:

Posting Komentar

CIREBONBRIBIN.COM