Pemda Kabupaten Cirebon Wujudkan Kawasan Mandiri Pangan


Sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Cirebon dalam membangun ketahanan pangan melalui kemandirian pangan pada masyarakat yang rawan pangan. Pemerintah Kabupaten menghadirkan kawasan mandiri pangan di Kecamatan Panuragan, Kabupaten Cirebon.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Ketahanan Pangan di Balai Desa Kalianyar Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon pada Selasa (25/7) siang tadi, melakukan acara temu teknis kawasan mandiri pangan sekaligus memberikan bantuan Pemerintah Pusat yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Cirebon, Muhidin mengatakan, ada 5 desa di Kecamatan Panguragan yang menurut penilaian Pemerintah Pusat harus dibantu.

"5 desa tersebut yaitu Desa Kalianyar, Panguragan Kulon, Panguragan Lor, Panguragan dan Karang Anyar,"terangnya.

Menurutnya, kegiatan ini telah dilakukan sejak tahun 2015 yang dimulai dengan tahap persiapan, kemudian pada tahun 2016 masuk ke tahap penumbuhan dengan mendapat alokasi dana sebesar 100 juta yang dimanfaatkan oleh kelompok afinitas (kelompok kepala keluarga miskin) untuk budidaya padi dan pada tahun 2017 mendapatkan alokasi 100 juta yang akan dimanfaatkan untuk penggemukan domba.

"Kawasan Mandiri Pangan ini dilakukan untuk mengantisipasi rawan pangan dan bagaimana menciptakan kelompok masyarakat agar tidak mengalami rawan pangan,"tambahnya.

Mandiri pangan ini, tambah Muhidin lagi. Bukan hanya masalah pertaniannya saja, tapi menyangkut juga masalah perut, baik perut tukang becak sampai perut para pejabat.

"Disitulah fungsi fungsi hadirnya ketahanan pangan," pungkasnya.(CB-003)
Share on Google Plus

About Admin

Cirebon Bribin hadirkan informasi seputar cirebon yang lebih informatif, edukatif dan menghibur.

0 komentar:

Posting Komentar

CIREBONBRIBIN.COM