Ada Ruangan Istimewa di Museum Pusaka Keraton Kasepuahan

Ada yang unik dari Museum Pusaka Keraton Kasepuhan Cirebon yang baru saja diresmikan Sabtu 10/6 kemarin. Museum ini ternyata memiliki satu ruangan khusus yang hanya akan dibuka setiap hari Jumat.

Selain hanya dibuka satu kali dalam seminggu, pengunjung yang masuk kedalam ruangan ini juga tidak diijinkan mengambil gambar benda benda koleksi yang berada didalamnya. Termasuk saat cirebonbribin.com dan awak media lainnya melakukan kunjungan perdana dalam peresmian museum pusaka ini bersama Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat SE

Isi dari ruangan tersebut adalah baju Puteri Ong Tien, Jubah Sunan Gunung Jati, tongkat khotbah Sunan Gunung Jati, Senjata Sunan Gunung Jati dari Mesir dan Portugis, Bendera Waring Cirebon yang berusia sekitar 600 tahun dan lainnya.

"Benda benda tersebut selama ini hampir tidak pernah dilihat publik dan hanya disimpan di kamar pusaka di dalam keraton,"terang Sultan Sepuh.

Lebih lanjut Sultan Sepuh mengatakan, pembangunan museum ini dipersembahkan untuk bangsa dan negara Indonesia. Sekaligus sebagai bentuk penghormatan kepada para leluhur.

"Agar warisan para pendahulu kita yang tak ternilai harganya ini dapat tetap terjaga dan terawat serta diketahui anak cucu kita nantinya,"tutup Sultan.(CB-003)

Share on Google Plus

About Admin

Cirebon Bribin hadirkan informasi seputar cirebon yang lebih informatif, edukatif dan menghibur.

0 komentar:

Posting Komentar

CIREBONBRIBIN.COM