OPINI: Membangun Cirebon Lewat Email dan Hastage Twitter, Mungkinkah?



Cirebon, 15 Mei 2014

Penandaan tempat (Cirebon) dan tanggal (15 Mei 2014) dijadikan sub judul tulisan opini karena waktu tersebut merupakan moment penting bagi kami (para admin @CirebonBribin) memiliki dorongan kuat untuk menuangkan beberapa ide yang selama ini berputar di kepala ke dalam sebuah tulisan dengan judul “Membangun Cirebon Lewat Email dan Hastage Twitter, Mungkinkah?”.

Ide yang tertuang dalam judul tulisan ini keluar setelah akun twitter @CirebonBribin mulai “gentayangan” di Cirebon pada September 2013 lalu, kemudian memiliki keinginan merambah jejaring sosial lain seperti Facebook, Instagram, Path, Vine dan Youtube yang semuanya atau bahkan hampir seluruh aplikasi jejaring sosial mewajibkan calon pengguna aktifnya memiliki “EMAIL”.

Pentingnya memiliki sebuah “EMAIL” ketika ingin memakai aplikasi jejaring sosial dijadikan pijakan dasar sebuah ide bahwa “EMAIL” tidak hanya bisa digunakan untuk menikmati berbagai fasilitas aplikasi akan tetapi lebih jauh lagi bisa sebagai salah satu saranan yang mendukung pembangunan termasuk pembangunan di Cirebon, tentunya pembangunan yang maksud adalah segala hal yang sifatnya nonfisik.

Lalu, Bagaimana Caranya?

Setelah “EMAIL” membuka gerbang masuk aplikasi jejaring sosial peran yang bisa dijalankan untuk pembangunan adalah menjadi media publikasi, dan propaganda, misalnya lewat media blog yang juga terlahir setelah pengguna memiliki “EMAIL” bisa dijadikan media publikasi tentang segala potensi yang dimiliki Cirebon, fungsi serupa juga bisa dijalankan jejaring sosial lainnya seperti Twitter, Facebook atau yang lainnya.

Ide yang keluar tentang Membangun Cirebon Lewat Email dan Hastage Twitter, Mungkinkah? Tak hanya jadi ide atau pepesan kosong semata karena kami dari para admin kini akan memulai untuk mencapai tujuan tersebut melalui akun twitter @CirebonBribin.

Akun @CirebonBribin yang menjalankan peran sebagai “Pusat Informasi Seputar Cirebon” lewat akun twitternya mencoba memanfaatkan hastage (#) untuk membuat propaganda  #EventCirebon #ViewCirebon #CirebonEnak #CirebonTerkini #CirebonJuara #BioskopCirebon ataupun hal yang dibutuhkan pengguna jejaring sosial.

Adapun manfaat dari hastage yang dimiliki @CirebonBribin adalah sebagai berikut:

Hastage #CirebonJuara akan menjawab pertanyaan apa saja prestasi yang berhasil diraih putera/puteri terbaik Cirebon

Hastage #ViewCirebon akan menjawab pertanyaan di mana tempat dengan view terbaik di Cirebon

Hastage #CirebonEnak akan menjawab pertanyaan menu dan tempat kuliner apa saja yang recommended di Cirebon

Hastage #CirebonTerkini akan menjawab pertanyaan peristiwa apa saja yang terjadi di Cirebon

Hastage #BioskopCirebon akan menjawab film pertanyaan film terbaru apa saja yang diputar di bioskop yang ada di Cirebon

Hastage #EventCirebon akan menjawab pertanyaan event/acara apa saja yang ada di Cirebon

Ini baru permulaan, dan tulisan opini ini akan terus diperbaharui seiring pengalaman yang kami temukan selama menjalankan ide yang kami tuangkan dalam judul tulisan ini. Artinya jika suatu saat tulisan opini Membangun Cirebon Lewat Email dan Hastage Twitter, Mungkinkah? Menjadi sebuah buku, maka buku itu merupakan catatan perjalanan dari pengamalan membanguna Cirebon lewat email. Terima Kasih
Share on Google Plus

About Admin

Cirebon Bribin hadirkan informasi seputar cirebon yang lebih informatif, edukatif dan menghibur.

1 komentar:

CIREBONBRIBIN.COM